Perusahaan Kapal Terbesar Belanda Berminat Buat Kapal Selam dengan RI

Damen sudah kerja sama dengan RI sejak tahun 1990

Rotterdam, IDN Times - Dalam kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda yang dijadwalkan pada Maret mendatang, mereka turut memboyong perusahaan asal negeri kincir angin itu. 

Salah satunya perusahaan produsen kapal terbesar bernama Damen. Menurut Direktur Regional Indonesia Damen, Gysbert Boersma, nama "Damen" diambil dari nama keluarga pendirinya yaitu Kommer Damen.

"Damen adalah nama keluarga. Kami adalah perusahaan terbesar di Netherlands. Lebih dari 12.000 karyawan di 36 yard," ujar Gysbert di Kantor Damen, Rotterdam pada Senin (17/2).

IDN Times termasuk satu dari delapan media yang mengunjungi kantor pusatnya di Belanda. Penasaran kerja sama yang sudah dijalin dengan Indonesia? Berikut laporannya. 

1. Damen dan Indonesia sudah mulai bekerja sama sejak tahun 1990

Perusahaan Kapal Terbesar Belanda Berminat Buat Kapal Selam dengan RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Direktur Regional Indonesia Damen, Gysbert Boersma mengatakan kerja sama yang antara Damen dan RI sudah terjalin cukup lama. Selama hampir satu dekade bekerja sama, sudah menghasilkan enam kapal perang. 

"Kami sudah bekerja sama dengan Indonesia sejak 1990 akhir. Sudah ada 6 kapal perang (yang diproduksi)," ujar Gysbert.

Baca Juga: Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota Baru

2. Damen membuka peluang kerja sama untuk memproduksi kapal selam dengan Indonesia

Perusahaan Kapal Terbesar Belanda Berminat Buat Kapal Selam dengan RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat ditanya berapa harga untuk satu kapal perang, Gysbert tak menjabarkan lebih jauh. Ia hanya mengatakan harga satu kapal perang tergantung dari permintaan dan jenis senjatanya.

"Untuk harga itu tergantung dari senjatanya," katanya.

Menyoal apakah akan ada kerja sama lagi antara Damen dan Indonesia, Gysbert tak menutup kemungkinan itu. Ia menyampaikan bisa saja ke depannya bekerja sama untuk membuat kapal selam.

"Untuk saat ini belum (kerja sama kapal selam). Mungkin ke depannya kami berharap bisa bekerja sama dengan Indonesia untuk kapal selam," kata dia. 

3. Damen memiliki insinyur dari seluruh dunia, tapi belum ada dari Indonesia

Perusahaan Kapal Terbesar Belanda Berminat Buat Kapal Selam dengan RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Gysbert menjelaskan, perusahaan yang didirikan pada tahun 1927 itu telah memiliki banyak konsumen dari berbagai negara. Tak hanya itu, Damen juga memiliki insinyur dari seluruh dunia yang terlibat dalam pembuatan kapal.

"Kami memiliki insinyur dari seluruh dunia. Tapi, belum ada dari Indonesia. Kami berharap akan ada insinyur dari Indonesia," ujar Gysbert.

4. Damen ikut dalam rombongan kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia pada Maret nanti

Perusahaan Kapal Terbesar Belanda Berminat Buat Kapal Selam dengan RIDok.IDN Times/Istimewa

Raja Belanda Willem Alexander dan sejumlah menteri terkait akan melakukan kunjungan kerja di Indonesia pada 10-13 Maret mendatang. Beberapa menteri yang diboyong antara lain Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok, Menteri Perdagangan Luar Negeri Sigrid Kaag, Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Cora van Nieuwenhuizen serta Menteri Olahraga dan Perawatan Medis Bruno Bruin.

Damen akan menjadi salah satu perusahaan dari 135 perusahaan yang akan ikut delegasi Belanda untuk datang ke Indonesia. Kunjungan mereka ke Indonesia dalam rangka membicarakan investasi lebih lanjut.

Baca Juga: Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain Belanda

Topik:

Berita Terkini Lainnya