Ngeri, Hulu Ledak Rudal Minuteman III AS Seperti Bom Atom di Hiroshima

AS meluncurkan uji rudal balistik Minuteman pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) kembali meluncurkan rudal balistik Minuteman III, Sabtu, 6 September 2023. Ini merupakan uji coba rutin guna menguji ketangguhan sistem penangkal nuklir milik Negeri Paman Sam.

Rudal balistik ini lepas landas dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vendenberg, California. Rudal mendarat di Atol Kwajalein, Kepulauan Marshall, yang jaraknya 6.760 km dari lokasi peluncuran.

Tahukah kamu, Rudal balistik Minuteman III ternyata punya kekuatan yang dahsyat. Penasaran? Yuk simak ulasan singkat ini!

Baca Juga: Tembak Rudal Lagi, Korut Ancam Ubah Pasifik Jadi Lapangan Tembak Rudal

1. Satu-satunya rudal balistik militer AS yang diluncurkan dari daratan

Ngeri, Hulu Ledak Rudal Minuteman III AS Seperti Bom Atom di Hiroshimailustrasi rudal (Twitter.com/Missile Defense Advocacy Alliance)

Dilansir Air Force, rudal balistik antar benua Minuteman III diproduksi perusahaan Boeing sebagai kontraktor utamanya. Minuteman III telah dikembangkan sejak 1970-an, dan merupakan satu-satunya jenis rudal balistik militer AS saat ini yang diluncurkan atau berbasis peluncuran darat.

Secara teknis, Minuteman III memiliki dimensi panjang sekitar 18,3 m, diameter 1,67 m, dan berat sekitar 36 ton. Minuteman III merupakan rudal balistik yang menjadi bagian dari tiga pilar kekuatan nuklir strategis AS.

2. Punya jangkauan yang luas

Ngeri, Hulu Ledak Rudal Minuteman III AS Seperti Bom Atom di Hiroshimailustrasi sistem rudal pertahanan-ke-udara (Twitter.com/ Missile Defense Advocacy Alliance)

Dilansir National Air and Space Museum, dengan kecepatan sekitar 24.000 km/per jam, secara teknis Minuteman III mampu menjangkau jarak hingga 13.000 km.

Minuteman III dilengkapi sistem pemandu canggih bernama NS-50 Missile Guidance System, dan pada 2016 Boeing diberikan kontrak dari militer AS untuk melakukan upgrade terhadap sistem pemandu rudal balistik tersebut.

Baca Juga: Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik dengan Tiruan Hulu Ledak Atom

3. Punya daya hancur mengerikan

Ngeri, Hulu Ledak Rudal Minuteman III AS Seperti Bom Atom di Hiroshimailustrasi (Twitter.com/Ministry of Defense)

Dilansir Minutemanmissile, hulu ledak yang ditimbulka Minuteman III adalah hulu ledak thermonuklir W78 yang memiliki kekuatan 335 hingga 350 kiloton, atau hulu ledak thermonuklir terbaru AS W87 yang memiliki kekuatan 300 hingga 475 kiloton.

Sebagai gambaran bagaimana kekuatan hulu ledak thermonuklir W78 dan W87, dapat dibandingan dengan kekuatan ledakan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki Jepang pada 1945.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya