Emma Watson Dukung Palestina, Cibiran Israel: 10 Poin untuk Gryffindor

Israel akan dukung sihir kalau bisa menghilangkan Hamas

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gilad Erdan, mengkritik unggahan Instagram aktris Inggris Emma Watson yang berisikan dukungan kepada Palestina.

"Fiksi mungkin berhasil di Harry Potter, tetapi pada kenyataannya tidak,” cuit Erdan melalui akun Twitter-nya, dikutip dari Al Jazeera.

“Jika sihir nyata, maka sihir bisa menghilangkan kejahatan Hamas (yang menindas wanita dan mencoba memusnahkan Israel) dan Otoritas Palestina (yang mendukung teror). Saya akan mendukung itu!” tambah dia.

1. Cibiran lain dari mantan Dubes Israel untuk PBB

Emma Watson Dukung Palestina, Cibiran Israel: 10 Poin untuk Gryffindorinstagram.com/myemwatson

Komentar serupa juga dilontarkan oleh mantan Duta Besar Israel untuk PBB, Danny Danon. Dia mencemooh Emma Watson dengan narasi yang digunakan dalam serial Harry Potter.

“10 poin dari Gryffindor karena menjadi antisemit,” tweet Danon.

Beberapa pengguna media sosial mengecam komentar Danon. Salah satunya adalah Leah Greenberg dari Indivisible Project, organisasi nirlaba yang didirikan pada 2016 untuk merespons kemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

Greenberg menyayangkan komentar sinis Danon karena menggunakan alasan keimanan untuk membungkam ekspresi solidaritas.

“Itu (ungkapan Danon) contoh sempurna dari sikap yang benar-benar sinis dan jahat. Dia menggunakan (narasi) antisemitisme untuk menutup ekspresi dasar solidaritas dengan rakyat Palestina.”

Baca Juga: Palestina Minta Dunia Desak Israel Bebaskan Seorang Tahanan

2. Unggahan Emma Watson buat Zionis kelimpungan

Emma Watson Dukung Palestina, Cibiran Israel: 10 Poin untuk Gryffindorpotret Emma Watson di salah satu stasiun di New York (via Bestlife Online)

Kritik juga disampaikan oleh Mohammed El-Kurd, jurnalis dan aktivis asal Palestina yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran internasional tentang pengusiran paksa di Sheikh Jarrah tahun lalu.

Dia mengatakan, “pernyataan sederhana (Emma Watson) telah membuat zionis di berbagai negara kelimpungan.”

Konten yang diunggah pada Senin (3/1/2022) waktu Indonesia itu telah mendapat 1,2 juta tanggapan suka dan 116 ribu komentar. Banyak yang berterima kasih kepada Watson atas dukungannya, dan sebagian menambahkan tagar #FreePalestine serta #PalestineWillBeFree di dalam kolom komentar.

3. Berikut isi unggahan Emma Watson

Cibiran Israel bermula dari Emma Watson, pemeran Hermione Granger dalam film Harry Potter, yang mengunggah gambar dengan tulisan ‘Solidarity is a Verb’ atau ‘solidaritas adalah kata kerja.’ Latar dari tulisan itu adalah warga Palestina yang menggelar unjuk rasa.

Gambar itu pertama kali diunggah pada Mei 2021 oleh Bad Activism Collective setelah Israel menyerang Gaza selama 11 hari.

Dalam keterangannya, ada kutipan dari aktivis Inggris-Australia Sara Ahmed, yang mengatakan: “Solidaritas tidak menganggap bahwa perjuangan kita adalah perjuangan yang sama, atau bahwa rasa sakit kita adalah rasa sakit yang sama, atau bahwa harapan kita adalah untuk masa depan yang sama.”

“Solidaritas melibatkan komitmen, dan kerja, serta pengakuan bahwa bahkan jika kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup di landasan yang sama.”

Baca Juga: 7 Fakta Perjalanan Karier Emma Watson, Hermione Granger Jadi Aktivis!

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya