Indonesia Diminta Bantu Gerakan yang Ingin Lengserkan PM Netanyahu

Atau Korut-Rusia bisa terlibat dalam konflik Timur Tengah

Jakarta, IDN Times – Guru besar hukum internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, membeberkan sejumlah cara yang bisa dilakukan Indonesia untuk mengakhiri konflik di Timur Tengah. Salah satunya adalah mendukung segala upaya untuk menurunkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dari tampuk kekuasaan.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi serangan Iran di Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam. Ratusan misil dan drone Teheran yang menghujani dataran Dataran Tinggi Golan merupakan aksi balas dendam, setelah Israel menyerang Kedutaan Besar Iran di Suriah beberapa saat lalu.

"(Indonesia bisa) mendorong rakyat dan pemerintahan dunia agar rakyat dan oposisi di Israel menurunkan PM Nethanyahu, mengingat serangan ke Jalur Gaza maupun Iran hanya bisa dihentikan oleh siapapun yang menjabat sebagai perdana menteri asalkan bukan Benjamin Nethanyahu,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu (14/4/2024).

Upaya lain yang diusulkan oleh Hikmahanto adalah Indonesia mendorong Dewan Keamanan PBB untuk melakukan sidang darurat atas serangan Israel ke Kedubes Iran.

“Bila perlu berinisiatif membuat Resolusi Majelis Umum yang mengutuk tindakan Israel,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal A. Yani.

Tidak ketinggalan, Indonesia bisa aktif melakukan shuttle diplomacy ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa, supaya dukungan mereka terhadap Israel tidak mengeskalasi konflik.

"Negara-negara ini (Barat) harusnya memberi contoh agar negara-negara tunduk pada hukum internasional,” kata dia.

Iran menegaskan bahwa serangannya di Israel sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB, seperti dalih hukum yang digunakan Israel untuk menyerang Jalur Gaza. Jika situasi ini tidak segera diredam, Hikmahanto menyotori ancaman keterlibatan Rusia dan Korea Utara dalam konflik Timur Tengah.

“Bila AS akan tetap membantu Israel membalas serangan Iran, bukannya tidak mungkin negara-negara lain seperti Korea Utara dan Rusia akan membantu Iran. Perang di Timur Tengah akan bereskalasi yang menjurus pada terjadinya Perang dunia III, yang tentunya akan merugikan seluruh umat manusia,” kata dia.

Baca Juga: Ini Respons Sejumlah Kepala Negara atas Serangan Iran di Israel

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya