Israel Ngadu ke Dewan Keamanan PBB Minta Iran Dihukum

Wow, wow, wow..... Israel lagi ngelawak nih!

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gilad Erdan, melapor ke Dewan Keamanan dan menagih resolusi yang mengutuk Iran serta menetapkan Islamic Revolutionary Guard Corps (IRGC) sebagai teroris. Pengaduan itu merupakan salah satu tanggapan Israel atas serangan terbaru Iran terhadap Dataran Tinggi Golan pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat.

Erdan juga menyebut aksi Iran sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional. Ada dua resolusi yang ia soroti, yaitu Resolusi Dewan Keamanan 2231 dan 1701.

“Iran terus melanggar kewajiban internasionalnya. Iran telah menjadi arsitek dari ketidakstabilan selama bertahun-tahun, melalui Hamas, Houthi, Hizbullah dan proksi lainnya. Namun, kini mereka berdiri di depan dan tengah dalam tindakannya untuk memenuhi ambisinya menyerang Israel,” kata Erdan dalam suratnya kepada Dewan Keamanan dan Sekjen PBB, Minggu (14/4/2024).

Iran sendiri berdalih serangan mereka adalah aksi balas dendam yang sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB. Alasannya, Israel terlebih dahulu menyerang Kedutaan Besar Iran di Suriah beberapa saat lalu.

Menanggapi ratusan drone dan missil yang menghujani Israel, Erdan menyebutnya sebagai eskalasi konflik dengan skala yang paling parah.  

“Tingkat keparahan dan volume serangan ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan merupakan pelanggaran nyata terhadap kedaulatan Israel, hukum internasional, dan resolusi Dewan Keamanan,” kata dia.

“Iran merupakan ancaman langsung terhadap perdamaian internasional, dan dengan berani melanggar Piagam PBB dan resolusi Dewan Keamanan. Waktunya telah tiba bagi Dewan Keamanan untuk mengambil tindakan nyata terhadap ancaman Iran,” sambung dia.

Pengaduan Israel menjadi sorotan banyak pihak. Sebabnya, ketika Dewan Keamanan mengeluarkan resolusi yang meminta Israel menghentikan serangan di Jalur Gaza, Tel Aviv dengan tegas tidak akan menuruti resolusi tersebut. Mereka bahkan menentang putusan International Court Justice (ICJ) soal genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza. 

Baca Juga: Ini Respons Sejumlah Kepala Negara atas Serangan Iran di Israel

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya