Jokowi Jadi Pembicara soal UMKM dan Bisnis Perempuan di KTT G20

Berikut agenda Jokowi yang padat selama menghadiri KTT G20

Jakarta, IDN Times – Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, akan menghadiri sesi ekonomi dan kesehatan global pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). Selain itu, Jokowi juga akan menghadiri sejumlah pertemuan bilateral.

"Presiden Republik Indonesia sudah akan melakukan kegiatan yang sangat padat, yaitu antara lain menghadiri sesi mengenai global economy and global health," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, saat menyampaikan keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Tinggalkan RI, Jokowi Bertolak ke Italia Terima Presidensi G20

1. Jokowi akan jadi pembicara di salah satu acara

Jokowi Jadi Pembicara soal UMKM dan Bisnis Perempuan di KTT G20Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi juga akan menghadiri side event sebagai pembicara mengenai dukungan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) dan bisnis milik perempuan. Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan keberpihakan pemerintah Indonesia kepada UMKM dan peran perempuan di bidang bisnis.

"Kemudian Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang akan dituanrumahi oleh Perdana Menteri Italia," sambung Menlu.

2. Jokowi diagendakan menemui beberapa kepala negara

Jokowi Jadi Pembicara soal UMKM dan Bisnis Perempuan di KTT G20Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Terkait pertemuan bilateral, setidaknya sudah ada rencana Jokowi untuk bertemu dengan pemimpin dari enam negara, antara lain Australia, Prancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia. Retno memberi catatan, agenda bilateral masih sangat dinamis dan bisa berubah menyesuaikan jadwal para pemimpin.

"Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya," tutur Retno.

Baca Juga: Dipimpin Perempuan, 5 Brand UMKM Lokal Ini Melesat Saat Pandemik

3. Setelah KTT G20, Jokowi langsung menghadiri COP26

Jokowi Jadi Pembicara soal UMKM dan Bisnis Perempuan di KTT G20Presiden Jokowi hadiri KTT ASEAN ke-38 pada Selasa (26/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

KTT G20 akan berlangsung pada 30-31 Oktober 2021. Di akhir agenda, Indonesia akan menerima Keketuaan G20 dari Itala untuk periode 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab besar yang harus kita jalankan dengan baik,” kata Jokowi melalui akun Instagram-nya.

Setelah pertemuan G20, Jokowi diagendakan langsung menghadiri KTT Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada 1-2 November 2021.

“COP26 akan dihadiri sekitar 120 kepala negara dan pemerintahan,” sambung Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya