Jokowi Teleponan dengan Xi Jinping, Minta Investasi di RI Ditingkatkan

Jokowi sebut 80 persen vaksin COVID-19 berasal dari China

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping mengajak Indonesia untuk bersama-sama memerangi pandemik COVID-19 dan membangun model kerja sama kesehatan. China juga berjanji akan membantu Indonesia dalam upaya membangun hup produksi vaksin regional.

China juga akan memperdalam kerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara di seluruh rantai industri produksi vaksin, serta penelitian dan pengembangan obat-obatan. Hal itu disampaikan oleh Xi melalui percakapan telepon dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Selasa (11/1/2022), dikutip dari China Daily.

Baca Juga: KSP Tegaskan Jokowi Tidak Minat Jabat Presiden 3 Periode

1. Hubungan kedua negara semakin pesat di tengah pandemik

Jokowi Teleponan dengan Xi Jinping, Minta Investasi di RI DitingkatkanJokowi bersama dengan Xi Jinping (Dok. ANTARA News)

Xi mengatakan, sejak tahun lalu hubungan China-Indonesia telah mengalami kemajuan pesat di tengah pandemik. Kedua negara telah membangun paradigma baru kerja sama bilateral dengan pembentukan dialog dan mekanisme kerja sama tingkat tinggi.

Xi mengatakan, China-Indonesia adalah dua negara berkembang yang memiliki tujuan bersama untuk menggalakkan pembangunan dan meningkatkan kebahagiaan rakyatnya.

Xi meminta kedua negara untuk menyelaraskan inisiatif Belt and Road sesuai rencana pembangunan Idnonesia, termasuk dengan mempromosikan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, mendorong pertumbuhan ekonomi digital, serta kerja sama maritim.

2. China mendukung pembangunan di Indonesia secara totalitas

Jokowi Teleponan dengan Xi Jinping, Minta Investasi di RI DitingkatkanPresiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping (Dokumentasi Kemenlu)

Xi berjanji, China akan secara aktif dan totalitas mendorong pembangunan di Indonesia serta memperdalam hubungan Beijing-Jakarta.

China mengaku sangat menghargai peran Indonesia dalam urusan regional dan internasional. Xi juga mengatakan, China bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk mempromosikan pemulihan ekonomi di kawasan, menjaga perdamaian, serta stabilitas regional.

Pernyataan itu diungkapkan karena tahun ini China akan menjadi ketua BRICS, forum antar negara yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Pada saat yang sama, Indonesia akan memimpin G20.

Xi mengatakan, China siap bekerja dengan Indonesia untuk mengimplementasikan multilateralisme sejati, menerapkan inisiatif pembangunan global, menjaga kepentingan ekonomi pasar negara berkembang, berkontribusi pada pembangunan ekonomi global, dan peningkatan tata kelola ekonomi global.

3. Jokowi harap investasi China di Indonesia semakin banyak

Jokowi Teleponan dengan Xi Jinping, Minta Investasi di RI DitingkatkanXi Jinping dan Jokowi (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/Biro Pers Kepresidenan RI)

Sementara, Presiden Jokowi mengatakan, kedua negara telah berhasil membuat pencapaian luar biasa dalam kesehatan dan kerja sama publik sepanjang 2021. Menurut dia, hal itu bisa terealisasi karena hubungan kedua negara didasarkan pada rasa saling menghormati dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, lebih dari 80 persen vaksin yang digunakan di Indonesia berasal dari China.

Jokowi juga mengatakan, Indonesia menyambut baik perusahaan China untuk berinvestasi dan berharap Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing sukses.

Baca Juga: Sejarah Tembok Besar China yang Runtuh Akibat Gempa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya