Comscore Tracker

Kapal Ilegal Terjebak di Rawa Penuh Buaya di Australia 

Otoritas setempat berupaya untuk menyelamatkan mereka

Queensland, IDN Times- Sebuah kapal ilegal yang ditumpangi oleh puluhan orang tak dikenal memasuki teritori Australia pada Minggu (26/8). Petugas setempat menduga ada sekitar 40 orang yang menumpangi kapal tersebut. Sebelas diantaranya berhasil diamankan.  

 

1. Memasuki rawa yang dipenuhi buaya

Kapal Ilegal Terjebak di Rawa Penuh Buaya di Australia cbsnews.com

Sebagaimana diberitakan oleh BBC, sekitar 11 dari 40 orang sudah diamankan dan memberikan keterangan. Sisanya masih bersembunyi di hutan mangrove yang berada di dekat Daintree, Cairns Utara. 

Berdasarkan keterangan wali kota Douglas Shire Council, Julia Leu, mereka telah memasuki daerah yang berbahaya. "Mereka menempatkan diri pada tempat berbahaya yang dikenal sebagai habitat buaya," tuturnya pada Minggu (26/8).  

 

2. Belum diketahui apakah mereka imigran atau nelayan ilegal

Kapal Ilegal Terjebak di Rawa Penuh Buaya di Australia Youtube.com/Whats App

Otoritas setempat menyatakan bahwa 11 orang tersebut ada yang berkebangsaan Vietnam dan Filipina. Belum diketahui apakah mereka adalah imigran pencari suaka atau nelayan gelap. Petugas belum bisa memastikan hingga seluruh penumpang kapal diamankan.  

"Kami belum tahu apakah mereka pengungsi yang mencari suaka atau nelayan yang melakukan aktivitas ilegal di wilayah perairan Australia kemudian kapalnya terperangkap di rawa," terang Michael Healy yang merupakan anggota perlemen negara bagian Queensland. 

 

Baca Juga: Seorang Perempuan Berfoto Bersama Buaya Saat Perayaan Wisuda

3. Petugas berupaya untuk menyelamatkan mereka yang terjebak

Kapal Ilegal Terjebak di Rawa Penuh Buaya di Australia YouTube.com/Whats App

Petugas berwajib belum bisa memutuskan nasib mereka ke depannya. Untuk saat ini, pemerintah fokus untuk menyelamatkan mereka dari rawa yang dipenuhi buaya.  

Bila mereka adalah imigran, harus diakui bahwa mereka menjadi imigran pertama yang sukses tiba di perairan Australia dengan kapal yang mereka tumpangi. Padahal, Australia dengan tegas menolak memberikan suaka kepada para imigran. Selain itu, mereka juga telah menempatkan petugas untuk menghadang masuknya imigran gelap ke Australia.  

Baca Juga: 8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil Ditangkap

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah

Just For You