Kronologi Perang Iran dengan Israel

Potensi konflik antara kedua negara sudah berlangsung lama

Jakarta, IDN Times - Perang Iran dengan Israel memasuki babak baru, setelah Tel Aviv menyerang Kota Isfahan dengan rudal dan drone pada Jumat (19/4/2024).

Dilansir dari berbagai sumber, potensi konflik antara kedua negara sebenarnya sudah berlangsung lama. Israel merasa tidak aman dengan fasilitas nuklir yang dikembangkan Iran. Di sisi lain, Israel juga menduh Iran memasok senjata ke Hamas, Houthi, dan Hizbullah, pasukan yang selama ini menjadi musuh Israel.

Konfrontasi tidak langsung terjadi ketika Israel menyerang Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024. Serangan tersebut menewaskan tujuh penasihat militer Iran, salah satunya adalah komandan senior Pasukan Quds. Salah satu alasan Israel menyerang situs tersebut, karena Suriah dianggap sebagai tempat transit sebelum senjata dikirim ke sekutu Iran.

Kemudian, Teheran melakukan serangan balasan pada 14 April 2024, dengan menargetkan situs militer Israel di Dataran Tinggi Golan. Ini menjadi konflik langsung pertama. Iran sempat mengatakan mereka tidak berniat memperluas eskalasi.

Namun, Iran mewanti-wanti Israel jika mereka melakukan serangan balasan, maka aksi militer Iran berikutnya akan lebih cepat dan dipersiapkan lebih matang.

Kemudian, pada Jumat (19/4/2024), Israel melancarkan serangan ke Isfahan, kota yang dikenal strategis, karena menjadi lokasi situs militer dan fasilitas nuklir. Otoritas Iran mengklaim mereka berhasil menembak jatuh drone yang dikirim Iran. Belum ada tanggapan lebih lanjut dari Iran terkait rencana balasan mereka.

Baca Juga: Selain Iran, Sejumlah Ledakan Juga Terdengar di Suriah dan Irak

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya