Comscore Tracker

Ukraina-Rusia Memanas, Kemlu Belum Evakuasi WNI

"Kemlu terus berkoordinasi dengan perwakilan RI di Ukraina."

Jakarta, IDN Times – Ketegangan antara Ukraina dengan Rusia semakin mengkhawatirkan. Pentagon menyatakan Amerika Serikat (AS) sudah menyiagakan 8.500 prajurit untuk bergabung dengan NATO Response Force jika Rusia sewaktu-waktu menganeksasi Ukraina.

 AS dan Inggris juga mengimbau staf kedutaan nonesensial dan warga negaranya di Ukraina segera meninggalkan negara tersebut. Inggris bahkan sudah mulai menarik staf kedutaannya.

“Tindakan militer Rusia dapat terjadi kapan saja dan pemerintah AS tidak akan berada dalam posisi untuk mengevakuasi warga Amerika dalam keadaan darurat seperti itu, sehingga warga AS yang saat ini hadir di Ukraina harus merencanakan (evakuasi) dengan tepat,” demikian keterangan dari Kedutaan Besar AS di Kyiv.

Lalu bagaimana dengan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina?

1. Kemlu terus memantau perkembangan situasi di Ukraina

Ukraina-Rusia Memanas, Kemlu Belum Evakuasi WNIIlustrasi Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Teuku Faizasyah, memastikan pemerintah memantau dengan seksama situasi di Ukraina.

“Kemlu pusat terus berkoordinasi dengan perwakilan RI di Ukraina terkait perkembangan ini, termasuk aspek perlindungan WNI kita,” kata Faizasyah kepada IDN Times.

Baca Juga: Hubungan Rusia-Ukraina Memburuk, AS Siagakan 8.500 Tentara

2. Keputusan pemulangan tergantung asesmen KBRI Kyiv

Ukraina-Rusia Memanas, Kemlu Belum Evakuasi WNIJuru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah (Dokumentasi Kementerian Luar Negeri)

Ketika ditanya apakah Kemlu memiliki rencana untuk mengevakuasi WNI di Ukraina, Faizasyah mengatakan keputusan itu harus berdasarkan asesmen kantor perwakilan Indonesia di negara tersebut.

“Kedutaan Besar RI di Kyiv akan berikan masukan tingkatan ancaman bagi WNI berikut membahas bersama Jakarta recana kontijensi yang diperlukan,” ujar dia.

3. KBRI Kyiv minta WNI segera melapor

Ukraina-Rusia Memanas, Kemlu Belum Evakuasi WNITangkapan layar imbauan KBRI Kyiv (Instagram/indonesiainkyiv)

Sampai pagi ini KBRI Kyiv belum merespons permintaan tanggapan IDN Times.

Tetapi, melalui laman media sosialnya, KBRI Kyiv telah mengimbau WNI yang bermukim di Ukraina, Georgia, dan Armenia untuk melaporkan diri secara daring melalui laman https://peduliwni.kemlu.go.id/pelayanan.html.

“Lapor dini ini diperlukan untuk memantau keberadaan dan keselamatan sekaligus memastikan para WNI memperoleh infromasi terbaru dari KBRI,” demikian tertuang dalam unggahan yang disebarkan melalui Instagram KBRI Kyiv Ukraine.

Baca Juga: Semakin Tegang, AS Serukan Warganya untuk Tinggalkan Ukraina Segera!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya