Vatikan Hapus Pernyataan Paus Soal Homoseksual

Paus menganggap homoseks adalah penyakit, tapi Vatikan tidak

Vatikan, IDN Times- Vatikan menarik pernyataan Paus Fransiskus yang mengatakan bahwa orangtua harus mencari bantuan psikologis untuk anak-anak yang teridentifikasi mengidap homoseksual.  

 

1. Paus meminta orangtua untuk lebih perhatian kepada anaknya

Vatikan Hapus Pernyataan Paus Soal Homoseksualantaranews.com

Sebelum bertolak ke Roma, jurnalis setempat meminta tanggapan paus soal hubungan sesama jenis. Dia mengimbau kepada orangtua untuk lebih peka terhadap kelainan yang diidap oleh anaknya sedini mungkin.  

"Ketika (tanda-tanda homo) sudah terlihat sejak kecil, ada banyak hal yang bisa dilakukan (oleh orang tua) melalui psikiater untuk melihat bagaimana keadaannya," kata Paus sebagaimana dikutip dari The Guardian, Selasa (28/8).  

 

2. Kelainan orientasi seksual merupakan salah orangtua

Vatikan Hapus Pernyataan Paus Soal Homoseksualexpertbeacon.com

Lebih dari itu, Paus bahkan menyalahkan orangtuanya masing-masing anak bila buah hatinya menjadi penyuka sesama jenis. "Hal itu akan jadi berbeda ketika mereka (sang anak) sudah berusia 20 tahun," lanjut Paus sebagaimana dilansir dari The Guardian.  


 

Baca Juga: Kesal Dimasukkan ke Grup Medsos LGBT, Pria di Cawang Bunuh Temannya

3. Vatikan enggan menyebut penyuka sesama jenis sebagai penyakit mental

Vatikan Hapus Pernyataan Paus Soal Homoseksualunsplash.com/Kirsty Lee

Tidak lama setelah pernyataan itu mencuat di berbagai media, pihak Vatikan segera menghapus pernyataan Paus dari akun resminya. Meski begitu, mereka menolak bila dikatakan telah merubah keputusan Paus sebagai pemuka agama. Mereka hanya tidak ingin homoseksual dianggap sebagai penyakit mental.  
 

Baca Juga: Lagi, Sepasang LGBT Dihukum Cambuk di Aceh

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya