Aktivis Lingkungan Akan Pahat Wajah Trump di Bongkahan Es Sebagai Kritik

Proyek ini dinamakan Trumpmore, sebagai pengingat akan pemanasan global

Helsinki, IDN Times - Sebuah kelompok pecinta lingkungan Finlandia berencana menggugah kesadaran orang mengenai perubahan iklim dan pemanasan global menggunakan cara yang tidak lazim.

Melting Ice, demikian nama kelompok pecinta lingkungan tersebut berencana memahat muka Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di bongkahan es di Arctic. Besarnya juga tidak tanggung-tanggung yaitu setinggi 35 meter guna memberikan efek yang signifikan. Untuk itu mereka berusaha menggalang dana sekitar Rp 6,6 miliar (€400 ribu).

1. Mirip dengan pahatan muka presiden AS di Gunung Rushmore

Aktivis Lingkungan Akan Pahat Wajah Trump di Bongkahan Es Sebagai Kritiktwitter.com/@FULLY_F0CUSED

Proyek ini akan diberi nama Trumpmore, mengacu kepada patung di Gunung Rushmore yang terpahat muka beberapa presiden Amerika Serikat. 

Di The Mount Rushmore National Memorial terpahat beberapa muka empat presiden Amerika Serikat (George Washington, Thomas Jefferson, Abraham Lincoln dan Theodore Roosevelt) setinggi 18 meter.

Muka Presiden Donald Trump dijadikan model karena selama ini merupakan sosok yang paling meragukan adanya pemanasan global dan perubahan iklim dan puncaknya penarikan Amerika Serikat dari Paris Agreement mengenai pemanasan global bulan Agustus tahun lalu, demikian dilansir dari Metro UK.

2. Berbagai cuitan Donald Trump mengenai pemanasan global

Aktivis Lingkungan Akan Pahat Wajah Trump di Bongkahan Es Sebagai Kritiktwitter/@realDonaldTrump

Sebelum menjadi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bahkan pernah menyatakan bahwa isu ini merupakan hasil rekayasa dari Pemerintah Tiongkok lewat sebuah kicauannya enam tahun lalu.

"Konsep pemanasan global diciptakan oleh dan untuk Tiongkok guna membuat industri manufaktur Amerika Serikat menjadi tidak kompetitif."

Bulan Mei 2013, Donald Trump pernah menyangkal adanya pemanasan global dengan berkicau mengenai dinginnya cuaca di luar.

"Kita mengalami cuaca paling dingin dalam dua dekade lebih-kebanyakan orang tidak pernah mengingat terjadinya hal seperti ini. PEMANASAN GLOBAL?"

"Cuaca membeku di luar, di mana yang namanya 'pemanasan global'?"

3. Melelehnya es akan disiarkan langsung jika selesai proyeknya

Aktivis Lingkungan Akan Pahat Wajah Trump di Bongkahan Es Sebagai Kritiktwitter.com/@CrisZapata01

Sejauh ini belum ada lokasi pasti guna pembangunan 'Trumpmore', namun ada beberapa alternatif seperti Greenland dan Eslandia.

Beberapa pemahat patung es terkenal dunia, seperti artis Anssi Kuosa diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam proyek ini, tentunya dengan menggunakan peralatan yang canggih.

Direncanakan seusai proyek ini terlaksana akan dipasang sebuah kamera yang akan menyiarkan langsung proses ini guna merekam proses efek dari pemanasan global.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya