Lukisan Modigliani Berusia Satu Abad Ini Laku Terjual Rp 2,2 Triliun

Dari pelukis terkenal Italia

New York, IDN Times - Sebuah lukisan telanjang karya seorang pelukis Italia, Modigliani berhasil terjual dengan harga Rp 2,2 triliun (157 juta dolar AS) dalam lelang hari Senin kemarin.

Lukisan berjudul Nu Couche (Sur Le Cote Gauche) menurut balai lelang Sotheby merupakan lukisan terbesar dari pelukis kelahiran Italia ini yang memiliki nama lengkap Amedeo Clemente, yang diselesaikannya tahun 1917.

1. Salah satu dari 22 karya seni 'telanjang' Modigliani

Lukisan Modigliani Berusia Satu Abad Ini Laku Terjual Rp 2,2 Triliuntwitter.com/spelto

Lukisan ini merupakan salah satu dari 22 lukisan telanjang yang dihasilkan oleh sang Pelukis di antara tahun 1916 sampai 1919, juga merupakan lukisan paling besar yang dihasilkannya. Dilansir dari Telegraph UK, Sang Pelukis mengguncang jagat seni Eropa dengan serangkaian lukisan telanjang dimana pameran di sebuah galeri Paris harus ditutup oleh polisi di hari pembukaannya.

Jelang pembukaan lelang hari Senin malam, lukisan tersebut dibandrol dengan harga 150 juta dolar AS, yang menjadikannya lukisan dengan estimasi harga terbesar dalam sebuah lelang karya seni di balai lelang tersebut.

2. Masuk dalam tiga besar lukisan paling mahal di dunia sampai saat ini

Lukisan Modigliani Berusia Satu Abad Ini Laku Terjual Rp 2,2 Triliuntwitter.com/Alicia_Marchand

Rekor harga dalam lelang yang hanya berlangsung selama tiga sampai empat menit ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pelukis Picasso berjudul 'Les Femmes d'Alger (Version 'O')' yang terjual dengan harga 140 juta dolar AS pada tahun 2015.

Namun harga lukisan ini belum bisa melewati rekor lukisan Leonardo da Vinci berjudul 'Salvator Mundi' yang terjual dengan harga 450 juta dolar AS pada tahun 2017.

3. Gambarkan sensualitas wanita yang penuh percaya diri

Lukisan Modigliani Berusia Satu Abad Ini Laku Terjual Rp 2,2 Triliuntwitter.com/FRANCE24

Menurut seorang kepala departemen impresionis dan seni modern di Balai Lelang Sotheby's, Simon Shaw lukisan ini 'memunculkan kembali imajinasi mengenai telanjang di zaman modern.

Menurutnya Modigliani berhasil menggambarkan modelnya sebagai sosok yang percaya diri dan dan penuh keyakinan dalam seksualitas mereka, sekaligus mengubah status wanita selama Perang Dunia I.

"Nu Couche merupakan sebuah lukisan yang sangat sensual, dengan pandangan modelnya sejajar dengan penontonnya dengan cara yang sangat mengagumkan."

Dilansir dari RTE, lukisan ini sebelumnya dimiliki oleh seorang peternak kuda asal Irlandia, John Magnier yang membeli lukisan ini pada tahun 2002 dengan harga 26,9 juta dolar AS. Pembeli lukisan ini tidak diungkapkan seperti layaknya lelang lukisan berharga tinggi.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya