Comscore Tracker

Putin Instruksikan Stadion Piala Dunia Tetap Dipakai Buat Sepak Bola

Bukan cuma jadi tempat konser dan area pameran saja

Masalah klasik yang dihadapi oleh tuan rumah penyelenggara turnamen besar seperti Olimpiade atau Piala Dunia adalah perawatan stadion yang dibangun dengan dana besar, namun akhirnya terbengkalai karena tidak terpakai lagi.

Hal serupa kini ada di benak Presiden Rusia, Vladimir Putin usai sukses menyelenggarakan dan mengamankan Piala Dunia Rusia 2018 yang berlangsung selama sebulan penuh dari tanggal 14 Juni - 15 Juli 2018.

1. Presiden Putin minta stadion-stadion tetap dipakai untuk kegiatan sepak bola

Putin Instruksikan Stadion Piala Dunia Tetap Dipakai Buat Sepak Bolatwitter.com/gabrielletf

Dilansir dari Euro News, hari Jumat kemarin (20/7), Presiden Putin menyatakan bahwa 12 stadion tempat penyelenggaraan turnamen Piala Dunia seharusnya tetap dipergunakan untuk kegiatan sepak bola, bukannya dijadikan lahan untuk menggelar konser dan tempat pameran.

Hal ini ditegaskan oleh Presiden Putin dalam sebuah pertemuan dengan para gubernur dan petinggi olah raga di Kaliningrad, yang juga merupakan salah satu stadion penyelenggara turnamen ini.

2. Pemerintah akan berikan dukungan dana untuk lima tahun ke depan

Putin Instruksikan Stadion Piala Dunia Tetap Dipakai Buat Sepak Bolatwitter.com/KremlinRussia_E

Salah satu strategi yang akan dijalankan adalah memberikan dukungan dana selama lima tahun ke depan kepada dua belas stadion tersebut guna memastikan bahwa venue tersebut bisa berdiri sendiri pada tahun 2024.

"Anda menyinggung pameran, konser, turisme dan ruang komersial. Itu baik-baik saja, stadion perlu jadual padat.
"Namun idealnya kita perlu mengusahakan setiap stadion memiliki sebuah tim dan semua tim memiliki sebuah stadion. Jika tidak ini bukanlah sebuah stadion. Ini akan menjadi arena konser."

Kebijakan Presiden Putin ini tentunya harus ditindaklanjuti meskipun cukup berat. Hanya ada 6 klub yang menjadi kandang dari 12 stadion yang menjadi tempat penyelenggara turnamen ini.

contohnya adalah Kaliningrad, yang memiliki stadion dengan kapasitas 35.000 kursi namun klub di wilayah tersebut hanya bermain di kompetisi divisi dua Liga Premier Rusia.

3. Presiden Putin siap jadi tuan rumah Olimpiade musim panas

Putin Instruksikan Stadion Piala Dunia Tetap Dipakai Buat Sepak Bolatwitter.com/MirrorFootball

Di kesempatan lainnya, sukses menyelenggarakan turnamen Piala Dunia Rusia 2018 membuat Presiden Putin percaya diri untuk menyelenggarakan Olimpiade di masa yang akan datang, meskipun sejauh ini belum mengajukan diri, demikian dilansir dari Channel News Asia.

Rusia sudah menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin di resor Laut Hitam, Sochi tahun 2014. Untuk Olimpiade musim panas, IOC sudah memilih tiga tuan rumah Olimpiade sampai tahun 2028.

margalayyd Photo Community Writer margalayyd

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You