Satu Lagi Prajurit Kim Jong-Un Berhasil Membelot ke Korea Selatan

Manfaatkan kabut tebal

Muka diktator Kim Jong-Un mungkin serasa ditampar lagi setelah seorang tentaranya berhasil membelot ke Korea Selatan hari Kamis (21/12) pagi waktu setempat.

Ini menjadi pembelotan kedua setelah beberapa minggu lalu seorang pembelot bernama Oh Chong-song berhasil melewati zona demiliterisasi (DMZ) di tengah hujanan peluru dari rekan-rekannya.

Namun kali ini tidak ada peluru yang ditembakkan kepada pembelot yang belum diketahui namanya namun diperkirakan berusia 19 tahun, demikian dilansir dari The Guardian.

Tentara Korea Utara baru sadar ada tentaranya membelot 90 menit kemudian.

Satu Lagi Prajurit Kim Jong-Un Berhasil Membelot ke Korea Selatantwitter.com/standardnews

Mengutip kantor berita resmi Korea Selatan, Yonhap, rupanya prajurit dengan pangkat rendah ini memanfaatkan kabut tebal yang menyelimuti wilayah tersebut. Namun 90 menit kemudian, tentara Korea Selatan terpaksa melepaskan 20 tembakan ke arah pasukan lawan, yang rupanya baru menyadari bahwa ada rekannya yang menghilang dan melakukan pencarian.

Kejadian ini dilanjutkan dengan tembakan balasan dari tentara utara 40 menit kemudian, namun tidak melewati perbatasan yang membelah kedua negara tersebut, demikian dilansir dari The Telegraph.

Ini pembelotan ke-empat kalinya tahun ini.

Satu Lagi Prajurit Kim Jong-Un Berhasil Membelot ke Korea Selatantwitter.com/zyiteblog

Pembelotan ini menjadi yang keempat di tahun ini saja. Bagi para pembelot, setelah melewati pemeriksaan keamanan dari badan intelijen Korea Selatan, mereka akan dikirim ke pusat penampungan selama tiga bulan untuk belajar mengenai kehidupan di negara baru mereka.

Para pembelot akan diintegrasikan ke masyarakat dengan berbagai program.

Satu Lagi Prajurit Kim Jong-Un Berhasil Membelot ke Korea Selatanpixabay.com

Setelah itu mereka akan mendapatkan bantuan dana sekitar 7 juta won (sekitar 87 juta rupiah) selama setahun dari pemerintah pusat dan daerah ditambah dengan bantuan perumahan, pendidikan dan latihan pekerjaan. Dengan demikian mereka diharapkan dapat beradaptasi dan berintegrasi dengan kehidupan baru yang jelas sangat berbeda dengan kehidupan mereka sebelumnya.

Dan jika beruntung bisa mendapatkan suplai Choco Pie seumur hidup seperti yang diberikan oleh produsen makanan ringan Orion kepada pembelot Oh Chong-song seperti yang pernah diberitakan sebelumnya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya