Comscore Tracker

Gara-gara Gadis Ini, Youtube & Instagram Terancam Diblokir di Rusia

Para penjabat Rusia bahkan sampai dibuat kalang kabut

Krasnodar, IDN Times - YouTube dan Instagram terancam diblokir di Rusia. Gara-garanya video dan foto yang berisi gambar seorang biliuner Rusia, Oleg V Deripaska, yang sedang bersantai di sebuah yacht bersama wakil Perdana Menteri Rusia, Sergey Prikhodko dan ditemani oleh seorang wanita panggilan.

Merasa privasinya terganggu dengan beredarnya video dan foto-foto di dua media sosial tersebut, sang pengusaha besar ini mengajukan tuntutan hukum di Pengadilan tempat domisili dan tempat dia menyetorkan pajaknya yaitu di wilayah Krasnodar.

1. Wakil Perdana Menteri Rusia, Sergey Prikhodko: penikmat

Gara-gara Gadis Ini, Youtube & Instagram Terancam Diblokir di Rusiatwitter/@A_Melikishvili

Pengadilan pun memerintahkan agar tujuh buah video Youtube dan 14 post Instagram yang beredar minggu lalu agar dihapus karena melanggar privasi penggugat, efektif saat perintah ini dikeluarkan yaitu minggu ini, demikian dilansir dari South China Morning Post.

Video yang diposting oleh sang wanita panggilan itu sendiri, yang menyebut dirinya bernama Nastya Rybka, langsung disambar oleh para aktivis anti Kremlin yang mengklaim telah terjadi KKN antara pemerintah dan sang pengusaha aluminium serta pertambangan ini.

Seorang yang paling getol menyebarluaskan video dan foto ini adalah pemimpin anti-Kremlin Alexey Navalny. Dia merupakan calon penantang kuat pemilu presiden Rusia yang akan berlangsung bulan Maret mendatang, namun digagalkan oleh komisi pemilihan umum Rusia.

2. Pengusaha Rusia, Oleg V Deripaska: penggugat

Gara-gara Gadis Ini, Youtube & Instagram Terancam Diblokir di Rusiatwitter/@CREWcrew

Kegigihannya dalam memaparkan praktek KKN pemerintahan Presiden Putin telah membuatnya mendapatkan banyak dukungan dari berbagai kalangan. Khususnya dari dunia maya.

Selain menyebarluaskan video dan foto-foto ini, tahun lalu dia juga menyebarkan video yang menunjukkan tanah dan bangunan milik Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev yang menyebabkan demonstrasi besar-besaran, meskipun sang PM sempat membantah tudingan tersebut.

Berdasarkan perintah pengadilan ini penyedia internet harus memblokir akses ke kedua media sosial ini dalam hitungan tiga hari kerja, sampai video dan foto-foto ilegal tersebut dihapus.

3. Pemimpin oposisi dan aktivis anti-Kremlin Alexey Navalny: penggiat

Gara-gara Gadis Ini, Youtube & Instagram Terancam Diblokir di Rusiatwitter/@RCFFB_ru

Kesulitan yang dihadapi dalam memenuhi perintah pengadilan ini adalah tidak mungkin penyedia internet memblokir hanya beberapa akun tersebut. Sehingga cara yang paling efektif adalah memblokir seluruh layanan kedua media sosial tersebut.

Dan jika ini diterapkan seluruh layanan YouTube dan Instagram di Rusia terancam dihentikan hari Rabu ini.

Tidak ada komentar resmi dari YouTube maupun induk perusahaannya Alphabet Inc, maupun dari Facebook Inc sebagai pemilik Instagram. Namun hari Senin kemarin masih bisa diakses dan sudah ditonton lebih dari empat juta kali.

Namun banyak kalangan yang menilai bahwa tindakan ini merupakan sebuah sinyal bahwa Pemerintah Rusia sedang melakukan langkah agresif untuk mengontrol media sosial dan situs berbagi video yang sangat populer di negaranya, demikian dilansir dari New York Times.

margalayyd Photo Community Writer margalayyd

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You