Aksi Lilin Sudah Menyebar ke Empat Benua

Dari Indonesia Berlanjut ke negara lain

Sejak Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, ditahan di rutan Cipinang karena vonis dua tahun penjara yang ditetapkan hakim kepadanya, berbagai protes yang menolak vonis hakim tersebut mulai ditunjukkan oleh para pendukung Ahok. Mereka tidak menyetujui vonis yang diberikan kepada Ahok karena dirasa memiliki banyak ketidakadilan. Ketidaksetujuan mereka itu ditunjukkan lewat melaksanakan berbagai aksi di berbagai daerah di tanah air. Bentuk aksi yang sudah terlihat adalah seperti pendudukan halaman depan rutan Cipinang, dan juga penyalaan seribu lilin untuk menunjukkan rasa empati dan solidaritas.

Ternyata, aksi dukung Ahok di Indonesia,  telah menyebar ke beberapa negara di dunia. Bahkan, menyebar jauh sampai ke beberapa negara yang menjadi bagian dari 4 benua, yaitu benua Amerika, Australia, Eropa, dan Asia. Berdasarkan lansiran dari Liputan 6.com, (12/5),  inilah beberapa negara di 4 benua yang menjadi tempat digelarnya aksi dukung Ahok.

1. Benua Amerika

Aksi Lilin Sudah Menyebar ke Empat Benuagoggle

Negara di benua Amerika yang diketahui menjadi tempat warga Indonesia melakukan aksi dukung Ahok adalah Kanada. Aksi di Kanada digelar di kota Toronto dan Vancouver. Selain itu, di Amerika juga digelar aksi serupa oleh warga Indonesia. Beberapa kota yang menjadi tempat berlangsungnya aksi dukung Ahok di Amerika adalah kota Washington DC dan San Fransisco. Kalau di San Fransisco, para peserta aksi diminta untuk membawa balon dan lilin, serta mengenakan pakaian berwarna merah putih. 

2. Benua Australia

Aksi Lilin Sudah Menyebar ke Empat Benuagoggle

Beberapa kota di Australia yang menjadi tempat digelarnya aksi dukung Ahok adalah Adelaide, Sydney, Melbourne, Canberra, dan Perth. Aksi dukung Ahok di Canberra  dinamai “Aksi Solidaritas untuk Keadilan Indonesia.” Sedangkan di Sydney, dinamai “ Justice For Ahok.”

3. Benua Eropa

Aksi Lilin Sudah Menyebar ke Empat Benuagoggle

Dari benua Eropa, aksi dukung Ahok digelar warga Indonesia yang berada di Belanda. Beberapa kota yang menjadi tempat berlangsungnya aksi adalah Damrak, Amsterdam, Groningen, Den Haag, dan Utretch.

4. Benua Asia (selain Indonesia)

Aksi Lilin Sudah Menyebar ke Empat Benuagoggle

Untuk benua Asia, selain aksi dukung Ahok yang sudah digelar di beberapa daerah di Indonesia, aksi serupa  juga digelar di Gwanghwum Suare, Seoul Korea Selatan. Aksi ini dinamai Candlelight for Indonesia. Tidak hanya di Korea Selatan,  di Taiwan juga digelar aksi dukung Ahok yang dinamai #TAIWAN4AHOK, bertempat di Taipei Main Stadion East 3.

Yositho Kameo Photo Writer Yositho Kameo

Penikmat kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya