Dari Puding Hingga Nuklir, Ini 5 Kampanye Politik Nyeleneh di Dunia

Beberapa pihak menghadirkan kampanye politik tak masuk akal

Jakarta, IDN Times - Menjelang pemilihan di berbagai negara manapun, para kandidat akan berlomba-lomba untuk meraih dukungan dari masyarakat. Dukungan diperoleh dengan aktif berkampanye.

Uniknya, seiring dengan berkembangnya zaman, media kampanye pun semakin berubah. Bahkan ide kampanye pun terkadang menjadi semakin unik dan absurd.

Para kandidat berupaya mendulang suara dengan berbagai cara, bahkan dengan hal-hal yang dianggap lucu hingga aneh. Berikut beberapa iklan kampanye politik yang unik dan aneh di dunia. 

1. Puding gratis untuk semua

Dari Puding Hingga Nuklir, Ini 5 Kampanye Politik Nyeleneh di DuniaIlustrasi puding (unsplash.com/Atikah Akhtar)

Pada 1983, partai baru berdiri di Inggris bernama The Monster Raving Loony Party. Uniknya, partai ini didirikan oleh sekumpulan para pelawak. Mereka ingin iklim politik tidak terlalu serius.

Partai ini menggunakan kekonyolan mereka untuk menyoroti absurditas politik tradisional. Salah satu janji kampanyenya adalah memberikan puding gratis untuk setiap orang. Mereka juga berniat memberikan amnesti paspor bagi "pengunjung" dari luar angkasa.

Yang tidak terduga, kampanye mereka yang aneh ini justru berbuah manis. Partai ini berhasil memenangkan beberapa kursi dalam parlemen Inggris di masa itu.

Baca Juga: Curi Artefak di Swiss, Kakak Beradik Asal Inggris Dipenjara 3,5 Tahun

2. Kandidat kepala ember

Sejak 1987, seorang tokoh politik di Inggris mencalonkan diri sebagai kandidat pemilu. Uniknya, kandidat ini mengenakan jubah hitam dan ember besar di kepalanya yang membuatnya dikenal sebagai Lord Buckethead.

Buckethead dikenal sebagai aktor satir dalam perpolitikan Inggris. Ia kerap memberikan tingkah untuk mengkritisi perpolitikan Inggris.

Ia mengusulkan beberapa kebijakan konyol dan aneh, seperti menghapus House of Lords, membagikan sepeda gratis, dan bahkan menasionalisasi penyanyi Adele.

Pada 2017, Lord Buckethead terkenal menentang mantan Perdana Menteri Theresa May dengan menganjurkan kebijakan seperti hak robot dan perjalanan luar angkasa.

3. Analogi buaya

Dari Puding Hingga Nuklir, Ini 5 Kampanye Politik Nyeleneh di DuniaIlustrasi buaya (unsplash.com/Rae Wallis)

Pada Mei 2014, Kandidat Senat Partai Republik Louisiana, Rob Maness, merilis iklan yang menampilkan buaya. Ya, kamu tidak salah dengar, buaya.

Dilansir Politico, dalam klip itu, Mannes digambarkan sedang berhadapan dengan aligator yang siap menerkam. 

Ia menggunakan analogi buaya sebagai pemakan pajak rakyat. Kandidat tersebut berjanji akan melawan Washington dan “para aligator” sambil berusaha membungkus salah satu rahang reptil tersebut.

Baca Juga: Inggris Tetapkan Hizbut Tahrir sebagai Organisasi Teroris

4. Gadis bunga aster

Dari Puding Hingga Nuklir, Ini 5 Kampanye Politik Nyeleneh di DuniaIlustrasi senjata nuklir (Pixabay.com/StockSnap)

Dilansir KSAT, salah satu iklan kampanye politik aneh namun kontroversial berikutnya adalah yang dilontarkan oleh kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Lyndon Johnson terhadap kandidat Partai Republik Barry Goldwater pada 1964.

Iklan tersebut memberikan ancaman nuklir apabila lawan politiknya itu terpilih. Klip memperlihatkan seorang anak memegang bunga aster yang tiba-tiba berubah ke klip yang menampilkan awan jamur ledakan nuklir.

Iklan ini dikecam dan hanya ditayangkan selama satu kali dalam siaran NBC. Namun demikian, Johnson berhasil terpilih atas lawan politiknya tersebut dalam pemilihan itu.

5. Membunuh naga

https://www.youtube.com/embed/2R-Cdti4br0

Salah seorang kandidat legislatif Kanada pada 2015 bernama Wyatt Scott membuat iklan nyeleneh. Ia menampilkan dirinya sedang mengendarai burung sambil membawa pedang. Ia lalu lompat dan membunuh seekor naga.

Dalam klip videonya itu, ia memperkenalkan dirinya sebagai salah satu kandidat yang siap bertarung dalam pemilihan di tahun itu. Klip berlanjut yang memperlihatkan ia sedang berinteraksi dengan beberapa orang, bahkan alien.

Iklan lucu dan menarik ini membuat komentator di CBS News terpingkal-pingkal menyaksikannya.

Itulah lima iklan nyeleneh dan unik di dunia. Dunia politik memang terkadang amat serius, namun kehadiran pihak-pihak ini membuat iklim politik tidak begitu tegang.

Baca Juga: Hamas Sebut Netanyahu Tutup Peluang Kembalinya Sandera Israel

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya