Iran: Boikot Minyak dan Makanan untuk Israel!

Warga Gaza telah mengundang simpati masyarakat dunia

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Hosseini Khamenei, menyerukan negara-negara Muslim untuk menghentikan ekspor minyak dan makanan ke Israel. Menurutnya, hal itu bisa menghentikan serangan Israel di Jalur Gaza. 

“Pengeboman di Gaza harus segera dihentikan, jalur ekspor minyak dan makanan ke rezim Zionis harus disetop,” kata Khamenei dalam pidatonya pada Rabu (1/11/2023), dikutip dari Al Jazeera.

Ia menyatakan, Gaza telah memobilisasi hati nurani masyarakat dunia dengan kesabaran mereka. Khamenei mengacu pada protes pro-Palestina yang terjadi di seluruh dunia.

“Lihatlah apa yang terjadi di dunia. Di Inggris, Prancis, Italia, dan Amerika Serikat (AS), banyak orang turun ke jalan dan meneriakkan slogan-slogan yang menentang Israel dan AS. Mereka telah kehilangan kredibilitasnya,” kata Khamenei.

Ia kemudian mengatakan, dunia Islam tidak boleh lupa bahwa dalam kasus Gaza, AS, Prancis, dan Inggris yang berkolusi dengan rezim zionis untuk menindas rakyat Palestina. 

1. Proksi Iran bisa bertindak tak terkendali

Iran: Boikot Minyak dan Makanan untuk Israel!ilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Para ulama penguasa Iran telah memperingatkan Israel ihwal eskalasi konflik, jika tidak mengakhiri agresi terhadap Palestina. Ia menunjukkan bahwa proksi yang didukung Teheran di wilayah tersebut siap untuk bertindak.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, mengatakan bahwa wajar jika kelompok dan gerakan perlawanan tidak tinggal diam terhadap semua kejahatan yang dilakukan oleh Israel.

“Mereka tidak akan menunggu saran siapa pun, oleh karena itu kita perlu menggunakan kesempatan politik terakhir untuk menghentikan perang,” lanjutnya, sembari memperingatkan bahwa situasi bisa tidak terkendali.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah kelompok Houthi, yang merupakan proksi Iran di Yaman, mengklaim meluncurkan sejumlah besar rudal balistik dan drone ke arah Israel selatan. Kelompok tersebut berjanji untuk melanjutkan serangannya.

Baca Juga: PBB: Serangan Israel di Kamp Jabalia adalah Kejahatan Perang 

2. Potensi perang regional

Iran: Boikot Minyak dan Makanan untuk Israel!ilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Peringatan terkait ancaman konflik regional bukan kali ini saja dilontarkan. Pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei, sebelumnya juga memperingatkan soal eskalasi regional jika Israel melanjutkan perangnya melawan Hamas.

“Umat Islam dan kekuatan perlawanan akan menjadi tidak sabar, dan tidak ada yang bisa menghentikan mereka,” kata Ali Khamenei.

Beberapa waktu lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan, konflik tersebut dapat meluas melampaui perbatasan Timur Tengah jika Israel tidak menghentikan pengeboman di Gaza.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, pada Minggu (29/10/2023), juga khawatir dengan risiko nyata perang akan meningkat menjadi konflik regional yang lebih luas.

Menurut laporan Reuters, pada Rabu, militer Israel mengerahkan kapal-kapal rudal di Laut Merah sebagai bala bantuan, sehari setelah Houthi mengatakan telah melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak ke Israel.

3. Perang terus berlanjut

Iran: Boikot Minyak dan Makanan untuk Israel!Api dan asap membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Jalur Gaza selatan (11/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa/aww)

Militer Israel telah memperluas serangan udara dan daratnya ke Jalur Gaza. Serangan terus dilakukan tanpa henti sebagai pembalasan terhadap serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober lalu.

Sejauh ini, lebih dari 10.300 orang tewas dalam konflik. Sekitar 8.796 warga Palestina dan lebih dari 1.538 warga Israel tewas sejauh ini, menurut laporan Anadolu Agency, Rabu (1/11/2023).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak seruan gencatan senjata yang semakin meningkat. Ia mengatakan bahwa hal itu sama saja merupakan penyerahan diri kepada Hamas dan hal tersebut tidak akan terjadi.

Baca Juga: Rumah Sakit Kanker Satu-satunya di Gaza Berhenti Beroperasi! 

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya