Israel Perintahkan Kedutaannya di Seluruh Dunia Perketat Keamanan

Israel dituduh dalangi serangan atas kedubes Iran di Suriah 

Jakarta, IDN Times – Kedutaan Besar (Kedubes) Israel di seluruh dunia kini bersiaga tinggi usai penyerangan terhadap kedubes Iran di Suriah, Senin (1/4/2024).

“Kedutaan-kedutaan sudah meningkatkan kewaspadaannya, tetapi akan meningkatkan kewaspadaannya sehubungan dengan serangan di Damaskus,” lapor Anadolu mengutip lembaga penyiaran Israel, KAN.

Iran menuduh Israel berada di balik serangan udara terhadap gedung konsulat Iran di sebelah kedutaan Iran di Damaskus. Serangan ini kembali menunjukkan eskalasi konflik yang selama ini terjadi di Timur Tengah.

1. Iran akan berikan tanggapan tegas

Israel Perintahkan Kedutaannya di Seluruh Dunia Perketat KeamananIlustrasi bendera Iran (unsplash.com/mostafa meraji)

Duta Besar Iran untuk Suriah, Hossein Akbari, mengatakan gedung itu diserang oleh jet tempur F-35 yang meluncurkan enam rudal.

Serangan itu menewaskan dua jenderal Iran dan lima perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC). Satu di antara korban adalah Jenderal Mohammed Reza Zahedi, seorang senior komandan Pasukan Quds IRGC di Suriah dan Lebanon.

Akbari mengatakan serangan itu bertentangan dengan semua konvensi internasional dan berjanji akan memberikan tanggapan yang tegas. Iran maupun Suriah mengutuk serangan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Kedutaan Iran di Suriah

2. Israel memilih tidak berkomentar

Israel Perintahkan Kedutaannya di Seluruh Dunia Perketat KeamananJet tempur Angkatan Udara Israel beroperasi selama konflik di Gaza berlangsung. (instagram.com/@israeliairforce)

Menurut BBC, militer Israel memilih untuk tidak mengomentari laporan media asing terkait serangan tersebut.

Israel tidak pernah mengakui serangannya di Suriah secara terang-terangan. Namun, Tel Aviv mengakui melakukan ratusan serangan dalam beberapa tahun terakhir terhadap Suriah dengan menargetkan proksi Iran.

Sementara itu, menurut Reuters, Amerika Serikat mengatakan kepada Iran bahwa mereka tidak terlibat atau mengetahui lebih lanjut mengenai serangan Israel terhadap kompleks diplomatik di Suriah.

3. Meningkatkan ketegangan di kawasan

Israel Perintahkan Kedutaannya di Seluruh Dunia Perketat KeamananPasukan militer Israel dalam sebuah aksi penyelematan nyawa yang dilakukan oleh Unit 669 (Unit Penyelamatan Khusus Taktis) selama perang di Gaza. (instagram.com/@israeliairforce)

Serangan yang diduga dilakukan oleh Israel terhadap Kedutaan Iran tersebut menjadi babak baru dalam ketegangan di kawasan Timur Tengah. Serangan terhadap Iran berlangsung di tengah panasnya situasi di Gaza. 

Beberapa aktor di kawasan ikut terseret imbas konflik Gaza, seperti Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman. Mereka ikut melancarkan serangan terhadap Israel mengatasnamakan perjuangan rakyat Palestina.

Sementara, Iran berulang kali menegaskan bahwa pihaknya tidak membiayai atau mendukung operasi mereka secara taktis. Kendati demikian, Teheran mengatakan hanya memberikan dukungan politik bagi Hamas.

Baca Juga: Israel Bom Kedutaan Iran di Suriah, 7 Orang Tewas

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya