Jenderal AS Yakin Rusia Gak Akan Menang Perang Lawan Ukraina

Eskalasi konflik diyakini akan terus berlanjut 

Jakarta, IDN Times – Perwira tinggi Amerika Serikat (AS), Mark Milley, mengatakan Rusia tidak akan mencapai kemenangan militer di Ukraina. Meski begitu, ia juga memperingatkan bahwa Kiev tidak mungkin memaksa keluar semua pasukan Moskow dalam waktu dekat.

Komentarnya menggarisbawahi perkiraan bahwa perang di Ukraina akan berlarut-larut. Tidak ada pihak yang berada dalam posisi untuk memenangkan kemenangan yang jelas dan tidak ada negosiasi yang sedang berlangsung.

“Perang ini, secara militer, tidak akan dimenangkan oleh Rusia,” tegas Jenderal Milley kepada wartawan pada Kamis (26/5/2023), dilansir The Straits Times.

“Tujuan strategis asli Rusia, termasuk menggulingkan pemerintah di Kiev, tidak dapat dicapai secara militer, itu tidak akan tercapai,” tambah Jenderal Milley.

Baca Juga: Kapal Perang Terbesar Dunia Milik AS Singgah di Norwegia, Rusia Geram

1. Perang bakal terus berlanjut 

Jenderal AS Yakin Rusia Gak Akan Menang Perang Lawan UkrainaPasukan Ukraina. (Twitter.com/Defence of Ukraine)

Milley memperingatkan bahwa kemungkinan pertempuran akan terus berlanjut sampai kedua negara ingin menyelesaikan konflik secara natural.

“Itu berarti pertempuran akan berlanjut, akan berdarah, akan sulit. Dan pada titik tertentu, kedua belah pihak akan menegosiasikan penyelesaian, atau mereka akan sampai pada kesimpulan militer,” ungkapnya.

AS telah mempelopori dukungan internasional untuk Ukraina. AS membentuk koalisi untuk mendukung Kiev setelah Rusia menginvasi pada Februari 2022 dan mengoordinasikan bantuan dari puluhan negara.

Secara total, para pendukung Ukraina telah memberikan hampir 65 miliar dolar AS (Rp972,4 triliun) bantuan keamanan kepada negara tersebut, kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Baca Juga: Belarus Resmi Jadi Pangkalan Nuklir Taktis Rusia, Kendali di Kremlin!

2. AS siap pasok F-16 ke Ukraina 

Jenderal AS Yakin Rusia Gak Akan Menang Perang Lawan UkrainaPesawat F-16. (dok. wikipedia/Michael Ammons)

Dukungan untuk Ukraina disalurkan dalam bentuk persenjataan dan peralatan pendukung lainnya. Gedung Putih mengatakan pekan lalu, Washington akan mendukung penyediaan pesawat tempur canggih termasuk F-16 ke Ukraina.

Pada Kamis, pendukung Kiev membahas rencana untuk melatih pilot Ukraina pada pesawat tempur generasi keempat, termasuk F-16, kata Austin, bersama Gen Milley. Ia mencatat bahwa merencanakan dan melaksanakan pelatihan itu akan menjadi usaha yang signifikan.

Kepala pertahanan AS mengatakan bahwa negara yang tidak memiliki F-16 bisa memberikan kontribusi dana atau kemampuan untuk membantu secara langsung dengan pelatihan atau pemeliharaan.

Baca Juga: Latih Pilot Ukraina, AS Siap Dukung dengan Jet Tempur F-16

3. Sebelumnya AS enggan mengirim F-16 

Jenderal AS Yakin Rusia Gak Akan Menang Perang Lawan UkrainaGedung Putih di Amerika Serikat (Unsplash.com/Louis Velazquez)

Sebelumnya dikabarkan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden enggan untuk mengirimkan pesawat tempur ke Ukraina. Hal itu karena AS menghindari provokasi terhadap Rusia, dan selain itu bahwa pilot Ukraina masih kurang mampu untuk menerbangkan F-16 sebagaimana dikutip dari laman Slate.

Milley menjelaskan bergesernya AS yang mendukung penyediaan pesawat tempur Kiev dengan mengatakan bahwa melakukan hal itu di awal konflik akan mengambil dana dari kebutuhan yang lebih mendesak, sementara membangun angkatan udara Ukraina adalah upaya jangka panjang.

“Ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk membangun angkatan udara dengan ukuran dan ruang lingkup serta skala yang diperlukan,” katanya.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya