Korea Selatan dan AS Latihan Tempur di Perbatasan Korea Utara 

Kedua negara juga berencana latihan skenario nuklir Korut

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) mengadakan latihan militer bersama di dekat perbatasan Korea Utara (Korut). Latihan itu dilakukan di tengah ketegangan kedua negara.

Unit tentara canggih Korsel, yang dipersenjatai dengan senjata mutakhir dan Tim Tempur Brigade Stryker dari Divisi Infanteri ke-2 AS, ikut serta dalam latihan selama dua minggu itu.

Latihan dilaksanakan di kota perbatasan Paju, sekitar 30 kilometer utara Seoul, dikutip dariYonhap, Sabtu (14/1/2023).

1. Latihan melibatkan berbagai sistem persenjataan 

Korea Selatan dan AS Latihan Tempur di Perbatasan Korea Utara Ilustrasi UAV (Pixabay.com/TayebMEZAHDIA)

Sekitar 800 tentara dari kedua negara, yang dikerahkan di sana pada November 2022, telah mengambil bagian dalam latihan yang dimulai pada 2 Januari.

Latihan itu melibatkan berbagai sistem persenjataan, termasuk kendaraan lapis baja tipe roda K808 Angkatan Darat Korsel yang disebut Baekho. Kendaraan tempur Stryker serta drone pengintai dan rudal anti-tank Hyungung turut diikutkan dalam latihan.

“Melalui pelatihan ini, (kami) dapat membuat metode operasional Brigade Demonstrasi TIGER Angkatan Darat lebih konkret dan memverifikasi inter-operabilitasnya dengan pasukan gabungan,” kata Lee Jae-yong, komandan batalion unit TIGER, dilansir Anadolu Agency.

Baca Juga: Korsel Berencana Kirim Dana Kompensasi untuk Korban Kerja Paksa Jepang

2. Mempersiapkan perang di masa depan 

Korea Selatan dan AS Latihan Tempur di Perbatasan Korea Utara Arsip - Sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) "Hwasong-17" terlihat diluncurkan dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 25 Maret 2022 oleh kantor berita Korut KCNA. (ANTARA/KCNA via Reuters/as)

Militer Korsel meluncurkan brigade TIGER tahun lalu sebagai bagian dari strateginya untuk mempersiapkan perang di masa depan.

Mereka juga tengah menggunakan dan memperluas penggunaan sistem senjata mutakhir, seperti drone dengan kecerdasan buatan, peralatan tempur berteknologi tinggi untuk tentara, dan kendaraan tempur lapis baja yang sangat gesit.

3. Berencana untuk latihan skenario nuklir bulan depan  

Korea Selatan dan AS Latihan Tempur di Perbatasan Korea Utara Ilustrasi senjata nuklir (Pixabay.com/StockSnap)

Pada Rabu, pejabat Seoul mengatakan bahwa Korsel dan AS berencana mengadakan latihan militer bersama bulan depan di bawah skenario penggunaan senjata nuklir Korut.

Kedua sekutu akan mengadakan latihan 11 hari, terlama tanpa istirahat untuk pertama kalinya.

Belakangan, Presiden Yoon Suk Yeol juga mengatakan bahwa negaranya dapat menyebarkan senjata nuklir taktis atau memiliki kemampuan nuklirnya sendiri.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat lagi setelah Korut meluncurkan puluhan rudal tahun lalu dalam serangkaian uji coba senjata, termasuk rudal balistik antarbenua.

Baca Juga: Korsel Akui Kecolongan, Drone Korut Tembus Zona Kantor Kepresidenan!

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya