Menlu Iran: Kami Tak Berniat Tingkatkan Eskalasi Konflik Kawasan

Serangan Iran ke Israel merupakan serangan penggentar

Jakarta, IDN Times – Pemerintah Iran mengungkapkan bahwa pihaknya sama sekali tak berniat meningkatkan tensi di kawasan setelah melancarkan serangan ke Israel pada Minggu (14/4/2024). Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, mengatakan serangan tersebut tak akan berlanjut.

”Kami memberi tahu AS bahwa operasi kami melawan Israel akan bersifat terbatas dan untuk membela diri. Kami tidak berupaya memperluas konflik di wilayah ini,” katanya dilansir Al Jazeera.

Sebelumnya, Iran telah memperingatkan negara tetangganya bahwa mereka akan melancarkan serangan balasan ke Israel. Teheran melegitimasi serangannya sebagai wujud pertahanan diri sebagaimana diungkapkan dalam Pasal 51 Piagam PBB.

Baca Juga: Peretas Iran Klaim Berhasil Menembus Sistem Radar Israel

1. Iran peringatkan keterlibatan AS

Menlu Iran: Kami Tak Berniat Tingkatkan Eskalasi Konflik KawasanArsip Foto. Rudal balistik milik Iran diluncurkan saat pengujian di wilayah tak diketahui, Minggu (11/10). (REUTERS/Farsnews.com/Handout via Reuters )

Dalam pertemuan dengan Duta Besar negara-negara asing di Teheran, Abdollahian juga memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan Israel jika berani ikut melancarkan serangan balasan.

”Kami telah memberi tahu AS bahwa kami akan menargetkan pangkalannya jika Iran menjadi sasaran,” ungkapnya.

Teheran mengatakan, balasan yang akan didapatkan akan jauh lebih besar jika Israel dan AS melancarkan serangan lanjutan.

2. AS tak ingin terlibat masalah dengan Iran

Menlu Iran: Kami Tak Berniat Tingkatkan Eskalasi Konflik KawasanGedung Putih di Amerika Serikat (Unsplash.com/Louis Velazquez)

Dilansir Reuters, Pemerintahan Presiden AS Joe Biden menyatakan dukungan yang kuat terhadap Israel. Namun demikian, Gedung Putih belum mengumumkan langkah seperti apa yang akan dilakukan.

Menteri Pertahanan Amerika Lloyd Austin mengatakan AS tidak mencari konflik dengan Iran tetapi tidak akan ragu bertindak untuk melindungi pasukan AS dan mendukung pertahanan Israel.

Baca Juga: Perang Nuklir Israel-Iran, Seberapa Mungkin Terjadi? 

3. Hanya serangan penggentar

Menlu Iran: Kami Tak Berniat Tingkatkan Eskalasi Konflik KawasanArsip - Rudal balistik darat ke darat dengan jangkauan 2.000 km bernama Khaibar dipamerkan di Tehran, Iran, Kamis (25/3/2023). ANTARA FOTO/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS/foc.

Serangan Iran pada Minggu dini hari tersebut dilihat para analis hanya sebagai penggentar atau deterrence.

Seorang pengamat dari Qatar University, Hassan Barari, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan tersebut telah diperhitungkan matang-matang. Ia juga mengamini bahwa serangan tersebut hanya sebagai upaya Iran untuk menjaga mukanya di antara proksinya.

“Apa yang dilakukan Iran adalah serangan yang diukur dan diperhitungkan untuk memberikan deterrence dan agar tidak dilihat lemah di hadapan proksinya sendiri,” katanya mengacu pada proksi Iran di Timur Tengah.

Baca Juga: Maskapai Dunia Batalkan Penerbangan Imbas Serangan Iran ke Israel

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya