Putusan ICJ terkait Konflik Israel-Hamas Akan Diumumkan Besok 

Menlu Afrika Selatan sudah tiba di Den Haag Belanda

Jakarta, IDN Times – Pengadilan internasional (ICJ) yang berbasis di Den Haag, Belanda akan mengumumkan putusan terkait konflik Hamas-Israel pada Jumat (26/1/2024). Putusan tersebut akan menentukan tindakan sementara di Jalur Gaza, Palestina.

”ICJ berencana mengeluarkan keputusannya atas permintaan Afrika Selatan agar memerintahkan Israel menghentikan perangnya di Gaza di pengadilan terbuka pada Jumat pukul 1 siang,” lapor Jerusalem Post, Kamis (25/1/2024).

Beberapa laporan menyebutkan, para pejabat Pretoria sudah tiba di Den Haag untuk menerima keputusan tersebut.

”Menteri Luar Negeri Naledi Pandor akan hadir di Den Haag untuk menghadiri keputusan tersebut,” kata juru bicara pemerintah Afrika Selatan dalam unggahan di Twitter.

1. Harapan gencatan senjata

Keputusan ini dijadwalkan setelah sebelumnya Afrika Selatan mengajukan gugatan terhadap Israel di ICJ dengan tuduhan genosida di Gaza. Pretoria turut mengajukan penghentian konflik sementara.    

Namun, ICJ belum mengadakan dengar pendapat mengenai tuduhan genosida yang sebenarnya, yang telah ditolak mentah-mentah oleh Israel.

Dalam gugatan Afrika Selatan sebelumnya, Israel menolak tuduhan tersebut. Mereka menyebut aksinya di Gaza sebagai upaya pertahanan diri.

Baca Juga: Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Bicara di DK PBB

2. Israel di bawah tekanan

Putusan ICJ terkait Konflik Israel-Hamas Akan Diumumkan Besok Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (Twitter.com/Prime Minister of Israel)

Keputusan Jumat akan membuat Israel kian berada di bawah titik kritis. Israel kini harus menghadapi tekanan internasional atas aksinya yang menewaskan 25 ribu warga sipil di Jalur Gaza.

Di sisi lain, Israel masih tetap menjadikan alasan pembebasan sandera sebagai upaya untuk membenarkan tindakannya. Israel menuntut Hamas untuk membebaskan ratusan sandera yang ditawan pada 7 Oktober 2023.

3. Jumlah korban terus bertambah

Putusan ICJ terkait Konflik Israel-Hamas Akan Diumumkan Besok Anak-anak di Gaza. (twitter.com/@UNICEF)

Konflik terus berlanjut hingga saat ini. Israel masih melancarkan serangan terhadap Jalur Gaza dan menewaskan puluha ribu warga sipil.

Laporan tebaru Middle East Eye menyebutkan bahwa sebanyak 25.700 jiwa tewas sejauh ini. Sementara 63.740 di antaranya mengalami luka-luka.

Bencana kemanusiaan semakin parah akibat blokade terhadap Gaza. Warga kekurangan air bersih, makanan, dan obat-obatan.

Baca Juga: 5 Senjata Mematikan Hamas untuk Melawan Israel 

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya