Qatar Sebut Hamas Tanggapi Positif Proposal Gencatan Senjata Gaza

Proposal selanjutnya akan diserahkan ke Israel

Jakarta, IDN Times – Usulan gencatan senjata dalam konflik Gaza ditanggapi positif oleh Hamas, Selasa (6/2/2024). Hal itu disampaikan oleh pihak Qatar yang terlibat dalam mediasi.

“Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, menggambarkan reaksi Hamas terhadap proposal tersebut secara positif,” lapor Al Jazeera dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken.

Blinken mengatakan, tanggapan Hamas terhadap proposal yang ditengahi oleh Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS) telah disampaikan kepada para pejabat Israel.

1. Kunjungan Blinken

Qatar Sebut Hamas Tanggapi Positif Proposal Gencatan Senjata GazaAntony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (twitter.com/Secretary Antony Blinken)

Proposal gencatan senjata tersebut diusulkan selama kunjungan Blinken ke Timur Tengah untuk ikut mediasi konflik. Dia mengatakan akan mendiskusikan proposal tersebut ketika mengunjungi Israel hari ini.

“Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun kami tetap yakin bahwa kesepakatan itu mungkin dan memang penting, dan kami akan terus bekerja tanpa henti untuk mencapainya,” ujarnya.

Hamas dalam pernyataannya mengatakan bahwa para pemimpinnya telah meninjau kesepakatan secara komprehensif dan disambut positif. Hal ini mencakup beberapa poin yang diusulkan Hamas dalam kesepakatan tersebut.

Qatar telah bekerja sama dengan AS dan Mesir untuk menengahi gencatan senjata yang akan melibatkan penghentian pertempuran dan pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.

Baca Juga: Saudi Tolak Akur dengan Israel Kecuali Palestina Merdeka 

2. Harapan tercapainya perjanjian

Qatar Sebut Hamas Tanggapi Positif Proposal Gencatan Senjata GazaIlustrasi (Unsplash.com/Ahmed Abu Hameeda)

PM Sheikh Mohammed Al Thani mengatakan, ada sejumlah tantangan yang dihadapi para mediator selama perundingan. Ia menambahkan, kejadian di Gaza memengaruhi jalannya perundingan.

“Kami berharap untuk melihatnya menghasilkan perjanjian segera,” katanya.

Sebelumnya, Blinken bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Usulan kesepakatan tersebut dibuat lebih dari seminggu yang lalu oleh kepala mata-mata AS dan Israel pada pertemuan dengan para pejabat Mesir dan Qatar.

3. Proposal sedang ditinjau

Qatar Sebut Hamas Tanggapi Positif Proposal Gencatan Senjata GazaIlustrasi pasukan Hamas (mfa.gov.il/Israel Ministry of Foreign Affairs)

Hamas telah mengatakan sebelumnya bahwa kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang secara pasti. Sementara Israel menyatakan tidak akan menghentikan perang secara permanen sampai Hamas hancur.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, tanggapan Hamas terhadap kesepakatan tersebut sedang dipelajari oleh semua pihak yang terlibat dalam proses mediasi.

“Balasan Hamas sudah disampaikan mediator Qatar kepada Mossad. Rinciannya sedang dievaluasi secara menyeluruh oleh para pejabat yang terlibat dalam negosiasi,” ungkap badan intelijen luar negeri Israel, Mossad, pada Selasa (6/2/2024).

Dilansir Middle East Eye, jumlah korban akibat konflik di Gaza terus meningkat dan krisis kemanusiaan tak dapat dihindari. Jumlah korban tewas mencapai 27.585 jiwa. Dibutuhkan upaya kedua pihak untuk menyepakatai gencata senjata segera.

Baca Juga: Negosiasi Hamas-Israel Buntu, Menlu AS Temui Pangeran Saudi MBS

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya