Serangan Rudal Israel Targetkan Area Dekat Damaskus, Suriah

Merupakan serangan keempat dalam sebulan terakhir

Jakarta, IDN Times - Media pemerintah Suriah melaporkan serangan udara dilancarkan oleh Israel dengan dua rudal yang menargetkan bangunan kosong di sebelah selatan Suriah. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam serangan tersebut.

Kedua rudal itu meluncur dari dataran tinggi Golan yang diduduki Israel, pada Rabu (17/11/2021) pagi. Kantor berita pemerintah, SANA, menambahkan bahwa sistem pertahanan Suriah berhasil mencegat salah satu rudal yang masuk.

1. Belum ada komentar dari Israel

Melansir The Times of Israel, sejauh ini belum ada komentar dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF), sejalan dengan kebijakan ambiguitasnya mengenai kegiatan spesifiknya di Suriah. Jumlah serangan yang dilakukan oleh militer Israel mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir, termasuk serangan yang terjadi dini hari di Homs pekan lalu.

Israel jarang mengakui atau membahas serangan di dalam wilayah Suriah, namun tetap mengakui bahwa mereka menargetkan pangkalan-pangkalan kelompok sekutu Iran, sebagaimana yang dikutip dari Al Jazeera.

Serangan pada hari Rabu merupakan serangan keempat yang dilakukan Israel dalam sebulan terakhir. Beberapa diantaranya dilakukan dengan menggunakan rudal darat ke darat (SSM), alih-alih serangan udara dengan jet tempur sebagai bagian dari pengaturan yang jelas dengan Moskow.

Sistem pertahanan udara yang digunakan di Suriah adalah buatan Rusia untuk menghalau serangan Israel

2. Israel targetkan pos-pos sekutu Iran

Serangan Rudal Israel Targetkan Area Dekat Damaskus, SuriahJet tempur angkatan udara Israel. (twitter.com/intelsky)

Baca Juga: Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarah

Republic World melaporkan, sejak terjadinya perang saudara di Suriah pada tahun 2011, IDF telah menghujani Suriah dengan berbagai serangan udara dan rudal yang menargetkan tempat persembunyian militan yang diduga sebagai pasukan yang bersekutu dengan Iran.

Selain itu, negara Yahudi itu juga telah menembakkan rudal terhadap pengiriman senjata Hizbullah yang diduga dalam perjalanan menuju Lebanon. Itu dilakukan karena kelompok militan itu merupakan sekutu dari pemerintah Iran dan Suriah.

Damaskus telah berulang kali mengecam serangan itu dan meminta masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas tindakannya. Israel menganggap Iran sebagai musuh regional utamanya sekaligus pendukung militer dekat presiden Suriah, Bashar Al-Assad.

3. Beberapa serangan terbaru

Serangan Rudal Israel Targetkan Area Dekat Damaskus, SuriahIlustrasi misil (pixabay.com/amwest97)

Sebelumnya pada 9 November, Israel melakukan serangan udara di provinsi barat dan tengah Suriah. Serangan itu melukai dua tentara dan menyebabkan kerusakan material yang parah di daerah tersebut.

SANA melaporkan pesawat tempur israel menembakkan rudal ketika berada di atas wilayah Suriah pada Senin malam. Pertahanan udara Suriah dilaporkan telah menembak jatuh sebagian besar rudal namun pemerintah tidak memberikan klarifikasinya lebih lanjut.

Pada 3 November, SANA juga melaporkan Pertahanan Udara Suriah mencegat beberapa musuh di pedesaan setelah ledakan terdengar di atas kota Homs dan kota pesisir Tartous. Insiden itu terjadi setelah dua tentara Suriah tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan udara di dekat pedesaan timur Homs di Palmyra sebelumnya.

Baca Juga: Pasukan Pemberontak Bersiap Meninggalkan Selatan Damaskus

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya