Suriah Berhasil Halau Serangan Israel ke Selatan Damaskus

Serangan dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel

Jakarta, IDN Times – Pasukan Suriah dikabarkan berhasil menghalau serangan Israel yang menargetkan wilayah Selatan Damaskus, ibu kota Suriah, Jumat (2/2/2024). Kantor Berita SANA melaporkan, serangan itu hanya menimbulkan kerugian materi.

“Pasukan pertahanan udara pada Jumat berhasil memukul mundur agresi Israel yang menargetkan beberapa titik di selatan Damaskus dan menjatuhkan sejumlah rudal musuh,” lapor media tersebut.

Laporan tersebut mengutip sumber militer yang tidak disebutkan Namanya. Israel melancarkan serangan udara dari arah Golan Suriah yang diduduki.

Baca Juga: DK PBB Kaji Putusan Mahkamah Internasional terhadap Israel 

1. Seorang anggota IRGC tewas

Suriah Berhasil Halau Serangan Israel ke Selatan DamaskusIlustrasi peluncuran rudal Israel (twitter.com/Ge Douglas Fraser)

Sementara itu, laporan Iran International menyebut, seorang perwira Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) tewas dalam serangan itu. Korban diidentifikasi bernama Saeid Alidadi.

Sumber-sumber Iran dan Suriah mengklaim serangan itu dilancarkan oleh Israel, namun tidak ada pengakuan resmi mengenai siapa yang berada di balik serangan rudal tersebut.

2. Serangan berulang

Suriah Berhasil Halau Serangan Israel ke Selatan DamaskusIlustrasi bendera Suriah berkibar (usip.org)

Israel selama bertahun-tahun telah melakukan serangan terhadap sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah. Pengaruh Teheran telah berkembang sejak negara itu mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang dimulai pada tahun 2011.

Sejak serangan terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober oleh kelompok Palestina Hamas dari Gaza, Israel telah meningkatkan serangannya terhadap sasaran milisi yang didukung Iran di Suriah. Israel juga menyerang pertahanan udara tentara Suriah dan beberapa pasukan Suriah.

Baca Juga: Iran Bantah Ikut Serang Pasukan AS di Perbatasan Yordania-Suriah

3. Penasihat IRGC mulai ditarik dari Suriah

Suriah Berhasil Halau Serangan Israel ke Selatan DamaskusIlustrasi bendera Iran (unsplash.com/mostafa meraji)

IRGC telah mulai mengurangi penempatan perwira senior mereka di Suriah karena kekhawatiran bahwa Teheran akan terseret ke dalam konflik regional yang lebih luas.

Mohammad Ebadi, seorang peneliti hubungan internasional, menggambarkan penarikan perwira Garda Revolusi Iran dari Suriah hanya sebagai langkah taktis yang bertujuan melindungi nyawa para komandannya. Dia mengklaim bahwa Iran tak mau kehilangan para komandannya.

Pada pekan lalu terdapat laporan bahwa beberapa orang di Teheran mencurigai adanya infiltrasi Israel dalam melacak dan menunjukkan dengan tepat keberadaan perwira senior IRGC di Suriah. Serangan terbaru diduga berkaitan dengan hal tersebut.

Baca Juga: AS Akan Serang Fasilitas Militer Iran di Irak dan Suriah

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya