UEA Kembali Serukan Gencatan Senjata dan Akses Bantuan ke Gaza 

Upaya negosiasi gencatan senjata kini menemui jalan buntu

Jakarta, IDN Times – Uni Emirat Arab (UEA) kembali menyerukan gencatan senjata atas konflik Hamas dan Israel di Jalur Gaza. Seruan itu disampaikan oleh duta besar Abu Dhabi untuk Washington, Yousef Al Otaiba. Ia memperingatkan situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza.

“Gencatan senjata segera dan gelombang bantuan mendesak diperlukan untuk mengatasi bencana kemanusiaan yang semakin meningkat di Gaza,” kata Al Otaiba dilansir Al Jazeera, Senin (19/2/2024).

Al Otaiba menambahkan, separuh penduduk Gaza kelaparan. Sistem medis telah runtuh dan air bersih sangat langka. Serangan Israel yang akan datang akan membuat jutaan orang mengungsi.

1. Perundingan buntu

UEA Kembali Serukan Gencatan Senjata dan Akses Bantuan ke Gaza Seorang pria membawa bendera Palestina di tengah asap hitam. (pixabay.com/Hosny_Salah)

Pada Minggu, prospek gencatan senjata Israel-Hamas meredup setelah Amerika Serikat (AS) mengisyaratkan akan memveto upaya untuk resolusi Dewan Keamanan PBB mendatang.

Sementara itu, mediator Qatar mengakui bahwa perundingan gencatan senjata di bidang diplomatik lainnya tengah menemui jalan buntu.

“AS tidak mendukung tindakan terhadap rancangan resolusi ini. Jika hasil pemungutan suara sesuai rancangan, maka hal itu tidak akan diadopsi," kata Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, dalam pernyataan, dilansir Al Awsat.

Rancangan resolusi Aljazair mengupayakan gencatan senjata kemanusiaan segera. Namun, Thomas-Greenfield mengatakan AS hanya mendukung kesepakatan gencatan senjata untuk sandera yang akan menghentikan pertempuran selama enam minggu.

Baca Juga: Mesir Disebut Bangun Tembok di Perbatasan Gaza, Tolak Warga Palestina?

2. Serangan di Rafah

UEA Kembali Serukan Gencatan Senjata dan Akses Bantuan ke Gaza Anak-anak di Gaza. (twitter.com/@UNICEF)

Hamas mengancam akan menunda keterlibatannya dalam perundingan tersebut, kecuali pasokan bantuan mencapai wilayah utara, tempat lembaga bantuan telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan.

“Negosiasi tidak dapat dilakukan ketika kelaparan melanda rakyat Palestina,” kata seorang sumber senior di kelompok Hamas Palestina.

Serangan yang semakin intens terhadap Rafah juga membuat prospek perdamian kian mengecil.

Sehari sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak seruan internasional untuk menyelamatkan kota Rafah di selatan Gaza. Israel terus melancarkan serangan ke Rafah, di mana Netanyahu berjanji akan membasmi Hamas.

Israel disebut sedang menyudutkan Hamas sampai ke kota Rafah setelah sebelumnya melancarkan invasi darat di Khan Younis. Rafah saat ini dihuni oleh 1,5 juta pengungsi Palestina di Gaza dan menjadi wilayah terakhir bagi mereka.

3. Kekhawatiran Mesir

UEA Kembali Serukan Gencatan Senjata dan Akses Bantuan ke Gaza Bendera Mesir (Pixabay/Ivabalk)

Mesir juga menyimpan kekhawatiran mendalam atas invasi Israel ke Rafah karena dapat memaksa warga Gaza yang terjebak di sana melintasi perbatasan. Presiden Abdel Fattah al-Sisi pada Sabtu menegaskan kembali penolakan Mesir terhadap pemindahan paksa ke gurun Sinai.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, kedua pemimpin sepakat mengenai perlunya kemajuan gencatan senjata.

Namun demikian, sekalipun kesepakatan gencatan senjata sementara tercapai pada perundingan di Kairo, Netanyahu mengatakan invasi darat pasukannya ke Rafah akan tetap dilanjutkan.

“Bahkan jika kita mencapainya, kita akan memasuki Rafah,” katanya pada Sabtu.

Baca Juga: Israel Akan Batasi Akses Masuk ke Masjid Al Aqsa selama Ramadan

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya