Leonardo DiCaprio Puji Menteri Susi Pudjiastuti di Kantor PBB

Maju terus Bu! Kami Bangga!

Aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio, memuji sepak terjang Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang tegas dalam memberantas pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia. Hal ini diungkapkan Leonardo DiCaprio pada acara World Oceans Day 2017, yang diselenggrakan di Kantor PPB, New York, Amerika Serikat, Kamis lalu (8/6/2017).

Bukan itu saja, Bahkan aktor terkenal seperti Leonardo DiCaprio pun sangat mengenal sosok Menteri Susi Pudjiastuti, yang tak segan menenggelamkan kapal pelaku pencurian ikan, atau dikenal dengan istilah Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing. Jadi jangan heran, dengan gerakan aksi tersebut Menteri Susi Pudjiastuti menjadi terkenal di dunia.

Dalam acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB, New York, yang diadakan Kamis lalu (8/6/2017), Susi Pudjiastuti dapat pujian dari Leonardo DiCaprio. Walaupun, Leonardo memang tidak datang langsung di acara tersebut, namun videonya berisi pidato tersebut ditayangkan di acara itu. Pidatonya disampaikan dalam sebuah video sekitar 5 menit tersebut, Leonardo mengungkapkan pentingnya menjaga laut dan ekosistem di dalamnya. Laut ini sebagai pemasok makanan bagi manusia harus dijaga kelestariannya.

Leonardo DiCaprio pun memberikan Pujian kepada Menteri Susi Pudjiastuti di dalam videonya, agar semua negara mengikuti Rekam Jejaknya.

 Leonardo DiCaprio Puji Menteri Susi Pudjiastuti di Kantor PBBYoutube/United Nations

Di menit keempat, Leonardo menyinggung soal sepak terjang Susi Pudjiastuti menjaga laut Indonesia. 

"Menteri Susi memberikan contoh upaya menuju era baru transparasi manajemen perikanan dengan membuat sistem pemantauan kapal perikanan dengan satelit (vessel monitoring system/VMS) melalui platform Global Fishing Watch (GFW)," kata DiCaprio.

Menurut dia, aksi Susi menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang mengembangkan pengetahuan akan data VMS, sehingga mengungkap komersialisasi perikanan di area laut yang luas yang sebelumnya tertutup bagi masyarakat.

"Ini adalah langkah kepemimpinan yang berani dan inovatif yang kita perlukan di seluruh dunia," tegas DiCaprio.

Sebelumnya, Global Fishing Watch ini aplikasi yang dikembangkan Google, dan salah satu penyandang dananya adalah yayasan milik Leonardo, dengan tujuan untuk menjaga kelestarian laut. Menurut Leonardo, dunia harus mengambil tindakan cepat menyelamatkan ekosistem dan spesies di laut.

Di Acara tersebut, banyak pembicara kelas dunia yang diundang PBB.

 Leonardo DiCaprio Puji Menteri Susi Pudjiastuti di Kantor PBBhttp://www.thejakartapost.com

Disisi lain, di Acara World Oceans Day 2017 tersebut, dihadiri banyak pembicara kelas dunia yang diundang PBB,seperti Fabien Cousteau (peneliti kelautan), Diego Luna (aktor dan pecinta laut) dan Leonardo DiCaprio (aktor dan UN Messenger for Peace), dan Sir Richard Branson (pengusaha/penjelajah dunia), dan lain-lain.

Seperti dikutip dari Jakarta Post, baik Leonardo DiCaprio dan Susi Pudjiastuti sebenarnya memiliki dua kesamaan di bidang kelautan. Leonardo DiCaprio tentu saja terkenal membintangi film Titanic, kapal yang tenggelam di Samudra Atlantik. Adapun Susi terkenal sangat mencintai laut dan gemar menenggelamkan kapal nelayan yang masuk ke perairan Indonesia secara ilegal.

Namun, Susi pun tak kalah manis untuk menanggapi pujian dari DiCaprio yang ditujukan kepadanya.

"Itu sebabnya, kita semua jatuh cinta pada dia (DiCaprio) ketimbang Johny Depp," kata Susi, yang sebelumnya digambarkan dalam meme meledakkan kapal bajak laut yang dimiliki oleh Jack Sparrow, karakter di film Pirates of Carribean yang dibintangi Johny Depp

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya