TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sanitasi Air, Kebutuhan Vital yang Fatal jika Diabaikan

Jangan tutup mata, ini adalah masalah bersama!

ilustrasi sanitasi air yang buruk (unsplash.com/Jordan Opel)

Di rumahmu apakah sudah memiliki tangki septik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)? Kapan sih terakhir kali isi tangkinya dikuras? Lalu pertanyaan lainnya, bagi kamu yang menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari, pernah kepikiran gak, apakah air tersebut terjamin kebersihannya? Yakin tidak terkontaminasi zat atau kuman berbahaya?

Mengerikan ya kalau dihadapkan dengan kekhawatiran di atas. Belum lagi kalau masalah tersebut juga dialami oleh para tetangga kita, kantor tempat kita bekerja, kampus, rumah makan atau tempat lainnya. Semua itu hanya sebagian kecil dari permasalahan akan pembuangan tinja dan limbah rumah tangga lainnya serta kebutuhan air bersih.

Yups, kita sedang dihadapkan dengan masalah kotoran umat manusia terhadap kelangsungan hidup manusia itu sendiri, di mana fokus kita pada kebutuhan sanitasi air yang baik bagi rumah tangga. Setidaknya ada tiga poin dasar yang harus kita pahami dahulu.

Meskipun pembahasan ini terkesan menjijikkan, tapi persoalan ini nyata terjadi di lingkungan kita. So, lanjut baca ya!

Apa sih sanitasi air itu?

ilustrasi sanitasi air (unsplash.com/Gallery DS)

Sederhananya, sanitasi air adalah upaya untuk menjamin keamanan dan kebersihan lingkungan air di masyarakat, terkhusus sumber air untuk minum, mandi dan mencuci. Salah satu program sanitasi air ialah pembuatan tangki septik yang sesuai SNI 2398:2017, seperti harus kedap air, memiliki ventilasi, pipa keluar masuk, dan dikuras secara berkala. Selain itu jarak antara tangki septik dan sumur air bersih minimal 10 meter untuk menghindari kebocoran dan kontaminasi.

Baca Juga: Telaah Kondisi Sanitasi Air Demi Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Sanitasi air yang baik merupakan keharusan

ilustrasi sumber air bersih (unsplash.com/Abigail Keenan)

Masa pandemik saat ini membuat kebutuhan akan air bersih semakin meningkat, terkhusus air minum yang bukan hanya layak tetapi juga aman dikonsumsi. Karenanya, segala hal yang berhubungan dengan sumber air perlu mendapat perhatian khusus, termasuk sanitasinya.

Apabila program sanitasi air bermasalah (seperti pembuatan tangki septik yang tidak SNI), maka sumber air bersih akan terkontaminasi zat dan bakteri berbahaya sehingga sangat tidak layak untuk digunakan. Akibatnya aktivitas masyarakat akan terganggu, produktivitas menurun, munculnya masalah kesehatan (seperti gizi buruk, penyakit kulit, diare, cacingan, kolera, hepatitis dan penularan penyakit berbahaya lainnya) hingga akhirnya mengancam sistem kesehatan dan perekonomian nasional.

Masalah yang sangat serius bukan? Maka dari itu pemerintah harus segera bertindak dan kita juga harus mengambil peran.

Baca Juga: 5 Upaya Menciptakan Sanitasi Air yang Baik bagi Masyarakat

Verified Writer

Taoto SP

Normal people. Be kind :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya