Comscore Tracker

Langkah-langkah Menjaga Nilai Kebudayaan di Indonesia 

Toleransi adalah hal penting

Di masa sekarang ini banyak nilai kebudayaan yang tidak dilestarikan. Masyarakat banyak yang lebih memilih untuk melestarikan kebudayaan barat yang belum tentu semuanya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang ada di Indonesia. Apabila kita tidak mampu untuk melakukan toleransi terhadap kebudayaan daerah yang ada dan tidak memfilter terhadap kebudayaan kebudayaan barat yang masuk ke negara kita, maka nilai-nilai kebudayaan akan luntur seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, untuk dapat melestarikan nilai kebudayaan terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan.

1. Melakukan toleransi terhadap kebudayaan daerah yang ada di Indonesia 

Langkah-langkah Menjaga Nilai Kebudayaan di Indonesia menunjukkan sikap toleransi dengan mendukung acara budaya orang lain (pexels.com/Sony Feo)

Cara pertama, kita menghargai dan menerima perbedaan kebudayaan yang ada di Indonesia. Sehingga, kita dengan kesadaran diri mampu melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dengan cara saling menghargai, saling mempelajari, dan lain sebagainya.

Karena banyak kita jumpai di berita banyak konflik antar daerah yang timbul karena tidak adanya rasa toleransi antar kebudayaan yang ada di daerah mereka masing-masing. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya kasus tersebut nilai toleransi harus semakin ditingkatkan.

2. Menyaring kebudayaan kebudayaan barat yang masuk di negara kita 

Langkah-langkah Menjaga Nilai Kebudayaan di Indonesia seorang laki-laki sedang menjadi gitaris musik rock (pexels.com/Asep Syaeful Bahri)

Tidak semua kebudayaan barat yang masuk di negara kita sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkan dan diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, untuk tidak merusak tatanan nilai negara maka kita harus menyaring atau memfilter kebudayaan barat yang masuk ke negara kita. Sehingga, budaya-budaya dalam negara kita sesuai dengan dasar hukum dan Pancasila yang ada karena hal itu merupakan cerminan dari kepribadian bangsa Indonesia.

3. Tidak bersikap etnosentrisme 

Langkah-langkah Menjaga Nilai Kebudayaan di Indonesia pexels.com/Archie Binamira

Sikap ini adalah sikap yang merasa bahwa kebudayaan daerahnya adalah kebudayaan yang paling benar ataupun paling tinggi. Oleh sebab itu, apabila seseorang memiliki sikap etnosentrisme ia tidak akan bisa menghargai kebudayaan lain yang ada. Sehingga, ia akan mengangkat bahwa kebudayaan yang paling benar adalah kebudayaannya dan ia akan menuntut orang lain untuk menjalankan peraturan sesuai dengan adat serta kebudayaannya sendiri. 

Demikian langkah-langkah yang harus diterapkan oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang merupakan cerminan kepribadian bangsa.

Baca Juga: [OPINI] Metro Menuju Kota Literasi, Butuh Kebijakan, Anggaran dan Road Map

Dhea Patricia Photo Writer Dhea Patricia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya