Comscore Tracker

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modern

Kecanggihan perangkat teknologi saat ini adalah hasil rumusan mereka

Matematika adalah salah satu ilmu yang disukai banyak orang sekaligus juga dibenci. Namun yang menarik dari matematika adalah ia juga banyak berkontribusi dalam membangun teknologi modern. Salah satunya memunculkan perangkat komputer, bahkan hingga perkembangannya itu sendiri.

Sejarah perkembangan zaman tak bisa dipisahkan dari para ilmuwan matematika, karena mereka telah membantu memajukan zaman sebelum mereka merasakannya. Penemuannya terus menggema selama berabad-abad, hingga terciptalah ponsel, satelit, mesin industri, senjata perang, dan sebagainya. Siapa saja para ilmuwan yang membentuk dunia modern hingga kita dapat merasakannya sekarang? Berikut ulasannya!

1. Carl Friedrich Gauss (1777-1855)

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modernilustrasi Carl Friedrich Gauss (commons.wikimedia.org)

Jika kamu berpikir bahwa Isaac Newton adalah ilmuwan terbesar sepanjang masa, maka Carl Friedrich Gauss bisa dibilang sebagai seorang ilmuwan matematika terhebat yang pernah ada. Carl Gauss sendiri dilahirkan di Jerman pada tahun 1777, dan dia lahir dari keluarga yang kurang berada. Namun dari masa ke masa kehidupannya, dia mulai menunjukkan dirinya sebagai ahli matematika brilian.

Hingga Carl Gauss menerbitkan bukunya dengan meletakkan prinsip-prinsip teori bilangan atau studi bilangan bulat. Buku tersebut diberi judul 'Penyelidikan Aritmatika'. Karena tanpa teori bilangan, kita tidak bisa menggunakan komputer.

Komputer sendiri beroperasi pada tingkat paling fundamental karena hanya menggunakan dua digit, yaitu 1 dan 0. Oleh karenanya, dengan menggunakan teori bilangan, kita telah membuat cukup banyak kemajuan dalam memecahkan masalah.

Meskipun begitu, sebagai orang yang sangat produktif, karya Carl Gauss terhadap teori bilangan baru sebagian kecil dari kontribusinya terhadap matematika.

2. John von Neumann (1903-1957)

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modernilustrasi John von Neumann (commons.wikimedia.org)

Von Neumann dilahirkan di Budapest, Hongaria pada awal abad 20. Ini merupakan waktu yang tepat bagi zaman karena ia berkarir dalam perancangan arsitektur yang mendasari setiap komputer yang dibuat sampai sekarang. Perangkat elektronik yang kita gunakan saat ini seperti komputer dan ponsel atau apapun sedang berputar melewati serangkaian langkah dasar miliaran kali setiap detiknya. Juga langkah-langkah yang membuat kita dapat menulis artikel di internet, memutar musik atau video. Hal tersebut adalah langkah-langkah yang pertama von Neumann pikirkan.

Von Neumann memperoleh gelar Doktor di bidang matematika pada saat usianya masih 22 tahun. Sekaligus mendapatkan gelar di bidang Teknik Kimia, karena untuk membuat ayahnya bangga. Tetapi von Neumann sendiri lebih menyukai matematika.

Pada tahun 1930, von Neumann bekerja bersama Albert Einstein di Universitas Princeton. Sebelum tanggal kematiannya tiba di tahun 1957, von Neumann membuat formula penting terhadap teori permainan, teori himpunan, geometri, statistik, mekanika kuantum, dan ilmu komputer. Sekaligus ia juga merupakan anggota dari Proyek Manhattan.

3. Sir Isaac Newton (1642-1727)

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modernilustrasi Sir Isaac Newton (commons.wikimedia.org)

Isaac Newton disebut-sebut sebagai ilmuwan terbesar sepanjang masa. Dia adalah seorang penemu teori gravitasi, kalkulus, pembangun teleskop refleksi yang pertama dan membangun bidang fisika klasik yang kemudian menerbitkan buku berjudul 'Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica'. Selain itu, Newton juga merupakan orang pertama yang menguraikan cahaya putih menjadi warna komponennya, dan menemukan teori tiga hukum gerak atau kini disebut sebagai Hukum Newton.

Jika saja Newton tidak terlahir sebagai ilmuwan, kita akan hidup di dunia yang sangat berbeda dibanding sekarang. Perkembangan teknologi pun tak mungkin terjadi jika ia tidak ada. Ilmuwan lain mungkin akan mengerjakan ide-ide yang ditemukannya, namun tidak akan ada yang mengetahui waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikannya.

4. Alan Turing (1912-1955)

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modernilustrasi Alan Turing (commons.wikimedia.org)

Alan Turing merupakan seorang matematikawan yang berasal dari Inggris, dan mendapat julukan bapak ilmu komputer. Selama Perang Dunia ke-2, Turing melakukan perusakan pada kode Kripto Nazi, hingga kemudian membuka pesan yang dilindungi oleh mesin Enigma terkenal. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa salah satu alasan utama Sekutu memenangkan perang itu disebabkan karena rusaknya kode Nazi.

Selain membantu menghentikan nazi Jerman dalam usahanya untuk mendominasi dunia, Turing juga ikut berperan penting dalam pengembangan komputer modern. Ia mendesain mesin rancangannya sendiri yang disebut Mesin Turing. Selain itu, ia juga membuat 'Tes Turing,' yaitu suatu latihan kecerdasan buatan untuk menguji kinerja program AI saat beroperasi.

Sementara, karena Turing juga adalah seorang gay, maka ia harus menjalani hukuman karena status kepribadianya itu. Ia harus menjalani pembinaan untuk mengurangi tingkat libidonya. Namun tragisnya, Turing ditemukan tewas karena bunuh diri.

5. Benoit B. Mandelbrot (1924-2010)

5 Ilmuwan Matematika Paling Brilian yang Turut Membentuk Dunia Modernpotret Benoit Mandelbrot (commons.wikimedia.org)

Bernoit Mandelbrot adalah seorang yang berkebangsaan Prancis dan Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penggagas Himpunan Mandelbrot dan mendapat julukan Bapak Geometri Fraktal. Fraktal merupakan bentuk yang kompleks, dibangun di atas rumus sederhana dengan tereplikasi sendiri, yang merupakan animasi serta grafik komputer.

Selain itu, rumus fraktal digunakan juga sebagai perancang antena ponsel serta chip komputer dengan memanfaatkan kemampuan alami dari fraktal, meminimalkan ruang yang terbuang.

Pada tahun 1979 ketika Mandelbrot masih bekerja di IBM, ia menemukan himpunan bilangan yang saat ini diistilahkan sebagai Himpunan Mandelbrot. Bahkan penemuannya ini dianggap sebagai penemuan paling menakjubkan dalam sejarah matematika. Ini diucapkan oleh seorang penulis fiksi ilmiah setelah Mandelbrot meninggal pada 2010 karena penyakit kanker pankreas.

Semua teknologi yang kita gunakan saat ini merupakan hasil dari buah pemikiran para matematikawan sebelum mereka sendiri menggunakannya. Semua rumusan matematika mereka digunakan untuk prinsip kerja teknologi, di mana kita sekarang bisa merasakannya. Patutlah kita sebut mereka sebagai pengembang teknologi karena membawa pengaruh yang sangat hebat.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Nikola Tesla, Fisikawan Fenomenal Dunia

Ali Akbar Mhd Photo Verified Writer Ali Akbar Mhd

Menyukai Kesibukan Walau Tak Lupa Rebahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya