Comscore Tracker

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautan

Ternyata itu tidak sepenuhnya salah mereka

Ikan hiu sering digambarkan sebagai makhluk mengerikan yang menguasai lautan. Mereka suka menyerang manusia dan tidak sedikit yang mati atau mengalami luka berat karenanya.

Padahal faktanya tidak semua spesies ikan hiu menyerang manusia. Hanya beberapa saja dan itu adalah hiu macan, hiu banteng, dan hiu putih.

Lebih-lebih, para peneliti melihat ada beberapa alasan yang membuat manusia diserang ikan hiu. Mereka tidak serta merta menyerang karena lapar atau manusia merupakan mangsa utamanya. Bukan.

Ada hal lebih di balik semua itu. Anggaplah kamu berenang di lautan, bisa jadi inilah beberapa alasan yang menyebabkan kamu diserang predator laut tersebut.

1. Kamu berada di lingkungan tempat berburu hiu

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautanexpress.co.uk

Menurut situs Florida Museum, kebanyakan serangan hiu datang di area yang kedalaman airnya tidak seberapa atau masih di dekat pantai. Di area inilah para hiu umunya berburu makanan mereka. Misalkan kamu berenang atau tepat di area-area ini, tidak mengagetkan apabila kamu diserang, mengingat bisa jadi hiu mengira kamu adalah bagian dari mangsanya tersebut.

2. Kamu memprovokasi mereka

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautansharks-world.com

Ada aksi, ada pula reaksi. Bisa jadi serangan hiu kepadamu merupakan reaksi dari sesuatu yang kamu lakukan. Florida Museum menyebutkan ada beberapa hal yang sekiranya bisa memprovokasi hiu untuk menyerangmu.

Beberapa di antaranya adalah memukul-mukul air, menggunakan aksesori yang berkilau, sampai memakai baju renang yang mencolok. Dikatakan elemen-elemen ini dapat disalahartikan hiu dan itu membuat mereka penasaran akan dirimu.

3. Mereka melihat apakah kamu layak jadi makanan atau tidak

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautanthebossmagazine.com

Hiu adalah makhluk yang penuh perhitungan dan dikenal punya strategi menyerang. Salah satunya adalah hit and run, yang mana mereka hanya menggigit lalu sekadar pergi saja. Strategi ini digunakan untuk menilai apakah mangsanya tersebut memang cocok untuk mereka buru.

Ada kemungkinan serangan kepadamu adalah bentuk strategi tersebut. Percayalah, kamu sangat beruntung jika mendapat serangan bentuk ini karena sebagian besar, hiu tidak akan kembali lagi kepadamu.

Baca Juga: 7 Spesies Ikan Hiu Paling Menakutkan di Dunia, Siap Menerjangmu!

4. Kamu memasuki wilayah kekuasaan mereka

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautanid.pinterest.com

Tiga poin sebelumnya dianggap sebagai alasan serangan hiu untuk kasus misinterpretasi atau salah mengidentifikasi kamu sebagai mangsa. Namun dalam beberapa kasus, hiu memang sengaja menyerang kamu, bukan lagi karena alasan makanan, tapi karena kamu dianggap sebagai musuh.

Umumnya ini terjadi ketika kamu masuk dalam wilayah kekuasaan mereka dengan kondisi mereka sendiri berada dalam posisi bad mood. Seperti setelah terkena bencana alam atau ada kapal atau pesawat yang karam di laut mereka. Serangannya pun tidak main-main dan bisa mengakibatkan kematian.

5. Kamu sedang berada di kawasan yang sedang banyak hiu

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautancprcertified.com

Anggap kamu sedang bermain lotre, kamu paham bagaimana kemungkinanmu menang semakin besar dengan semakin banyaknya kupon undian berhadiah? Ini berlaku pula untuk serangan hiu. Dalam artikel BBC, ada penilaian risiko mendapatkan serangan ikan hiu makin tinggi, apabila semakin banyak hiu yang berkumpul di area tersebut.

6. Habitat mereka rusak

Pahami 6 Alasan Kenapa Kamu Bisa Diserang Hiu di Lautaninfourok.ru

Mungkin lokasimu bukan merupakan tempat berkumpulnya hiu ataupun tempat tinggal mereka, tapi bisa jadi area itu merupakan tempat pelariannya. Mereka melarikan diri dari rumahnya karena habitat mereka yang dirusak. Ini memang bukan sepenuhnya salahmu, tapi ini tidak bisa dimungkiri kalau rusaknya habitat juga menjadi alasan mereka mendekati daratan dan menyerang.

Tidak bisa dimungkiri kalau serangan hiu tidak sepenuhnya salah mereka, tetapi juga salah kita juga mengingat  kita tidak bisa memahami kebiasaan mereka. Mungkin setelah membaca ini, kamu bisa sedikit mengerti tabiat mereka.

Oh btw, kemungkinan terkena serangan hiu sangat kecil lho. Bahkan lebih kecil daripada serangan hewan darat lain. Namun, tetap jaga diri dan hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Hiu Banteng, Lebih Berbahaya dari Hiu Putih Besar!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya