Comscore Tracker

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Dunia

Kalau pagi, bakalan ada suara “Mama, uuuwuuuu...”

Menurutmu apa sih yang terkenal dari burung? Kemampuan terbangnya? Warna bulunya? Salah. Yang terkenal adalah nyanyiannya.

Banyak penyair sering menuliskan puisi yang menyebut nyanyian burung di pagi hari dan itu bukan sekadar perumpamaan saja. Nyanyian burung memang sangat indah. Berikut ini adalah burung-burung yang dikenal sebagai penyanyi terhebat di dunia.

1. Burung kakaktua hitam berekor kuning

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniaebird.org

Sebagai penghuni Australia, burung ini mengeluarkan suara bernada tinggi ketika bersiul. Orang yang tinggal di Australia Tenggara pasti awam dengan nyanyiannya.

2. Black-billed-Magpie

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniaaudubon.org

Burung kecil yang bernyanyi ini suka mengeluarkan suara berkelanjutan. Kehebatan lainnya adalah dirinya bisa menirukan suara burung lain.

3. Burung gereja

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniaebird.org

Burung gereja adalah spesies burung yang hampir ditemui di seluruh penjuru dunia dan dekat dengan manusia di area perkotaan. Suara yang mereka keluarkan adalah bentuk komunikasi ke sesamanya.

4. Burung kukuk Channel-billed

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniawetlandinfo.des.qld.gov.au

Dikenal juga sebagai burung parasit terbesar di dunia. Burung kukuk ini mengeluarkan suara yang sangat keras sampai-sampai kamu bisa mendengarnya dari jarak lebih dari setengah kilometer.

5. Song thrush

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniasaga.co.uk

Song thrush adalah burung yang atraktif. Sesuai dengan namanya, nyanyian yang mereka suarakan terkenal indah dengan nada yang berbeda-beda.

Baca Juga: 8 Fakta Burung Unta, Burung Terbesar & Pelari Tercepat di Dunia

6. Burung Robin Amerika

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniaoutdooralabama.com

Burung ini yang menjadi inspirasi rekan Batman. Burung Robin Amerika punya siulan yang berbeda. Saat petang, suaranya menjadi semakin jelas dan menenangkan.

7. Rose-breasted Grosbeak

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniacreativemarket.com

Di Kanada, burung ini mampu menyanyikan melodi yang kaya akan nada. Pejantannya menyanyi dari batang pohon ketika musim kawin.

8. Koels Asia

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniapinterest.com

Masuk dalam keluarga burung kukuk, mereka sering tampak pada Maret hingga Agustus di India, Australia, hingga Asia Tenggara. Nyanyian pejantannya umum untuk memberikan tanda teritorinya serta menarik perhatian sang betina.

9. Burung kenari

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniapetcentral.chewy.com

Nama burung ini sebenarnya datang dari Kepulauan Kenari yang ada di Spanyol. Sejak abad 17, burung kenari terkenal dijadikan peliharaan karena nyanyiannya yang merdu.

10. Burung bulbul

Tak Kalah dari Manusia, 10 Burung Ini Diakui Penyanyi Terbaik Duniaebird.org

Burung bulbul dikenal sebagai burung yang memiliki nyanyian paling merdu. Itu bisa tampak dari begitu banyaknya puisi, buku dan opera yang menyebut nama mereka.

Burung-burung yang ada di daftar ini sering menjadi burung peliharaan rumah. Tapi kelihatannya akan lebih baik dan lebih merdu jika membiarkan mereka di alam. Adakah burung di daftar ini yang pernah kalian dengar nyanyiannya?

Baca Juga: 5 Fakta Burung Kolibri, Burung Terkecil yang Nyalinya Gak Kecil!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya