Comscore Tracker

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unik

Siapa tahu kamu bosan dimakamkan seperti biasa

Kematian adalah sesuatu yang sakral. Kembalinya tubuh menuju tanah dianggap sebagai momen yang perlu diabadikan dan tidak bisa disepelekan. Lewat ritual-ritual pemakaman, diharapkan jiwa mereka yang meninggal dapat memperoleh kedamaian.

Umumnya ritual pemakaman dilakukan dengan cara menguburkan mereka yang sudah mati ke tanah, namun beberapa orang memilih cara lain. Ada yang dikremasi atau dibakar, ada yang meminta hanya diletakkan di tanah saja. Berikut ini adalah beberapa ritual pemakaman yang ada, namun seringnya tidak kamu ketahui.

1. Mumifikasi

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikancient-egypt.info

Sering dilakukan oleh peradaban kuno Mesir, ritual ini mencoba mengabadikan tubuh mereka yang mati. Proses pengawetannya dilakukan dengan cara merendam tubuh ke dalam suatu cairan.

2. Cryonic

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikzway2go.com

Berkebalikan dengan kremasi, cryonic adalah pemakaman dengan kondisi tubuh dibekukan. Ritual ini diharapkan dapat membuat seseorang kembali ke tubuhnya ratusan tahun kemudian. Peneliti masih mengembangkan peralatan untuk ritual pemakaman ini.

3. Akuamasi

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikjournaldemontreal.com

Selain dibakar dan dibekukan, ada pula ritual penguburan dengan cara ditenggelamkan atau dimandikan. Beberapa orang beranggapan ritual ini lebih baik daripada kremasi karena mempercepat proses pembusukan.

4. Resomasi

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikintelligentliving.co

Menggunakan cairan alkali dan air, resomasi mengubah tubuh yang mati menjadi cairan dan abu melalui tekanan tinggi. Dikatakan resomasi sangat baik untuk lingkungan sehingga hasil resomasi sendiri bisa digunakan guna menyuburkan tanah.

5. Pemakaman angkasa

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Uniksteemit.com

Hanya orang-orang super miliader yang bisa melakukan ini. Tubuh mereka yang mati akan diluncurkan ke luar angkasa agar terus menerus mengambang di sana.

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Terjadi jika Tidak Ada Lagi Ruang untuk Kuburan!

6. Disolusi

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikmotherjones.com

Disolusi membuat jasad seseorang tak tersisa satu pun dengan menggunakan cairan kimiawi yang sangat kuat. Merendamnya di bahan kimia tersebut menghilangkan jejak tubuh hingga ke titik terkecil. Kalau kamu pernah menonton film detektif atau thriller, pasti pernah melihat ritual ini.

7. Promession

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikindiatvnews.com

Juga ritual pemakaman yang ramah lingkungan, jasad yang mati diubah menjadi pupuk. Caranya dengan dibekukan memakai nitrogen, lalu mengubahnya menjadi bubuk kompos.

8. Plastinasi

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang UnikIlustrasi plastinasi dan prosesnya. theverge.com

Masuk dalam praktik mumifikasi, plastinasi akan membuang semua cairan dalam tubuh hingga hanya tersisa jaringan saja. Hasilnya tubuh akan seperti manekin. Biasanya praktik ini dilakukan untuk mereka yang menyumbangkan tubuhnya demi ilmu pengetahuan.

9. Eksposur

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Uniknomadicpixel.com

Dikenal juga sebagai pemakaman langit di Tibet, ritual eksposur melepaskan tubuhmu yang membusuk ke alam agar menjadi santapan hewan. Hal ini dianggap sebagai persembahan kepada alam.

10. Kompresi vinyl

Tak Sekadar Dikubur, Ini 10 Cara Pemakaman Alternatif yang Unikscattering-ashes.co.uk

Ritual ini melibatkan proses mengubah tubuh menjadi abu. Setelah menjadi abu, barang tersebut dikompres menjadi piringan hitam yang dapat diputar. Isi piringan hitam itu bisa pesan ataupun lagu dari mereka yang meninggal. Cocok untuk penyuka musik.

Siapa tahu kamu bosan dengan pemakaman yang begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba ritual pemakaman di daftar ini. Mungkin yang paling menarik adalah menjadikan tubuhmu sebagai rekaman musik mengingat selain kamu bisa dikenang, jasadmu juga bisa dikoleksi. Benar bukan?

Baca Juga: 8 Fakta Sokushinbutsu, Proses Mumifikasi Diri yang Berasal dari Jepang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya