Comscore Tracker

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmu

Terjadi tiap satu abad, siapkah kamu hidup ala masa purba?

Matahari adalah bagian dari tata surya kita yang masih misterius. Misterius karena banyak hal yang tidak bisa dipahami di sana mengingat ketidakmungkinan kita untuk menyelidiki bintang tersebut lebih mendalam. Tidak seperti Mars atau planet lainnya, kita tidak akan pernah bisa mendarat di matahari atau bahkan mendekatinya karena suhunya yang terlalu tinggi. Oleh karena itu para peneliti hanya bisa mengamati dari jauh saja.

Dari sekian lamanya pengamatan, ada fenomena unik yang dilihat para peneliti di matahari. Namanya adalah badai solar atau matahari, fenomena alam yang sedikit banyak mampu mempengaruhi kehidupan di bumi. Jangan menyamakan badai matahari seperti badai yang terjadi di bumi karena faktanya begitu berbeda. Berikut ini adalah penjelasan tentang badai matahari tersebut.

1. Matahari memberikan gaya tarik magnetik yang sangat kuat

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmutechprotectbag.com

Bagi yang belum tahu matahari, pada dasarnya pusat tata surya kita itu adalah bintang yang memiliki permukaan seperti lautan. Lautan itu begitu panas sampai mampu membelah atom menjadi plasma yang berakhir saling menarik satu sama lain.

Tarikan antar plasma itu menjadikan matahari punya daya tarik yang sangat kuat sampai bisa membuat planet di tata surya kita tetap berada di jalurnya. Namun gaya tarik itu bukan gravitasi, melainkan gaya magnet hasil dari elektromagnetik yang terbentuk akibat gesekan plasma proton dan elektron itu.

2. Gaya magnet ini punya energi besar yang bisa kita rasakan di bumi

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmuccsj.edu

Percaya tidak percaya, jarak dari bumi ke matahari diperkirakan sekitar 149,6 kilometer. Namun dengan jarak sejauh itu, kita masih bisa merasakan panasnya. Malahan terkadang terlalu panas sampai-sampai kamu tidak betah. Panas inilah hasil dari gaya magnet tersebut dan bisa datang dalam bentuk angin matahari.

Angin matahari, menurut NASA, memiliki kekuatan yang kalah dengan angin di bumi. Kecepatannya memang mampu mencapai 1,6 juta sampai 3 juta kilometer per jam, namun jarak matahari yang begitu jauh membuat kekuatannya melemah ketika sampai di bumi. Ketika diukur, angin matahari yang ada di bumi setidaknya 1.000 juta kali lebih lemah daripada angin pada umumnya hingga kamu tidak bisa merasakannya.

3. Badai matahari merupakan angin matahari yang tidak teratur

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmuscitechdaily.com

Angin matahari digambarkan berembus dengan tenang dan mulus, namun ada titik di mana tidak seperti itu. Akibat arah plasma yang berubah di dalamnya, maka medan magnet matahari pun berubah dan turut mempengaruhi angin matahari itu. Hasilnya terciptalah badai matahari yang punya kecepatan lebih cepat dan kekuatan lebih kuat, namun tidak konsisten dihasilkan terus menerus.

4. Ada banyak bentuk dari badai matahari

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmunewsheads.in

Kekuatan matahari yang tidak terkontrol itu punya banyak bentuk. Salah satunya adalah pijaran matahari atau solar flare. Secara mudahnya pijaran matahari itu seperti gelombang besar dalam bentuk radiasi energi yang tinggi. NASA menjelaskan pijaran matahari bisa tampak dari adanya pijaran cahaya di matahari yang bisa terlihat lewat sinar X-ray.

Ada pula CME atau coronal mass ejections. Bagian dari badai matahari itu dideskripsikan seperti lontaran peluru katapel yang punya kecepatan hingga sembilan juta kilometer per jam. Di dalam CME sendiri, ada miliaran plasma di dalamnya dan dapat mempengaruhi planet-planet lainnya.

Yang lebih besar dinamakan badai matahari super. Badai ini diperkirakan terjadi satu atau dua kali di tiap abad. Anggaplah ini terjadi pada saat ini, maka secara konsep bumi kita akan mendapatkan energi CME super yang jauh lebih besar daripada umumnya yang mana bisa mencapai bumi dalam kurun waktu sehari saja. Nantinya badai matahari super ini akan menghasilkan satu lagi fenomena alam bernama badai geomagnetik.

Baca Juga: 7 Peristiwa Gerhana Matahari Paling Populer di Dunia Sepanjang Sejarah

5. Bumi punya kemampuan untuk melindungi diri dari badai matahari ini

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmuweather.com

Jika mengimajinasikan konsep badai matahari ini, pasti akan terbayang hal mengerikan jika sampai ke bumi. Faktanya, bumi punya cara perlindungan tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.

Menurut kanal YouTube Kurzgesagt, atmosfer bumi adalah yang menyelamatkan kita dari dampak badai matahari tersebut. Dengan menyerap sinar X di atas sana, energi tersebut tidak sampai mengenai permukaan bumi.

Selain itu bumi sendiri punya medan magnet sendiri. Medan magnet ini juga melindungi kita dari badai matahari dan membelokkan energi besar tersebut, mengalihkannya ke kutub utara dan kutub selatan. Energi tersebut menjadikan atmosfer menjadi bercahaya dan menciptakan keindahan alam yang kamu kenali sebagai aurora.

6. Energi badai matahari itu tidak akan dirasakan tubuh kita, tetapi akan terasa untuk benda elektronik di sekitar kita

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmuamusingplanet.com

Tadi sudah dijelaskan jika ada badai matahari super yang mampu menghantarkan energi hingga ke permukaan bumi. Energi elektromagnetik tersebut tidak akan mempengaruhi tubuh kita, mesin yang digerakkan oleh daging dan tulang. Namun itu berlaku bagi mesin yang dibangun dari logam dan kabel.

Ingat kembali konsep elektromagnetik. Dengan gesekan magnetik tersebut, terciptalah energi listrik yang baru. Jika disambungkan dengan kasus energi magnetik dari badai matahari ini, maka sedikit banyak energi tersebut akan mengganggu alur listrik yang terdapat pada benda-benda elektronik. Secara teori, energi ini akan mematikan mesin-mesin tersebut atau untuk kasus yang lebih parah, merusaknya benda itu. Kasus macam ini pernah terjadi pada 1989 di Quebec.

Satu lagi fenomena efek badai matahari kuat yang pernah tercatat sejarah adalah The Carrington Event. Fenomena ini terjadi pada 1859 dan disebut sebagai badai geomagnetik terbesar yang pernah diketahui. Efek badai matahari ini menyebabkan munculnya aurora hingga di area Karibia yang tropis. Dikatakan pula orang-orang sampai terbangun karena begitu terang sampai orang mengira matahari telah terbit dan membuat mesin telegram rusak semua hingga menyengat penggunanya.

7. Tidak bisa dibayangkan jika badai matahari super ini terjadi lagi di zaman sekarang

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmutelegraph.co.uk

The Carrington Event adalah fenomena yang terjadi di masa lampau, yang mana saat itu teknologi tidak begitu berkembang. Bayangkan jika badai matahari super itu terjadi sekarang.

Peralatan elektronik di sekitar kita, yang saat ini menopang kehidupan kita hingga 90 persen ini, akan rusak semua. Peneliti memperkirakan, untuk kerugian di Amerika sendiri bisa mencapai US$2,6 miliar atau Rp37 triliun atau 20 kali kerusakan akibat badai Katrina. Untuk memperbaiki semuanya, bisa memakan waktu empat sampai 10 tahun.

Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang akan terjadi. Beberapa peneliti malah berpendapat teknologi di masa sekarang memungkinkan peralatan elektronik hanya akan mati beberapa waktu saja. Tetapi tidak adanya dukungan data membuat peneliti yang lain mengkhawatirkan kondisi yang lebih parah.

8. Ada kemungkinan besar akan terjadi pada 50 tahun ke depan

8 Fakta Badai Matahari, Mampu Merusak Seluruh Peralatan Elektronikmumetro.co.uk

Peneliti memperkirakan fenomena badai matahari super punya kemungkinan terjadi hingga 12 persen per dekade. Jika ditarik hingga 50 tahun ke depan, kemungkinan itu naik hingga 50 persen. Artinya besar kemungkinan kita akan merasakan efek badai matahari super itu saat kita sudah menua dan sudah lanjut usia.

Jika badai matahari super sudah menakutkanmu, bagaimana dengan teori adanya pijaran super atau super flare yang terjadi tiap seribu tahun sekali? Dikatakan fenomena alam ini bahkan mampu mengulang peradaban kembali hingga ke titik nol. Guna mengantisipasi masalah ini, peneliti masih terus mempelajari matahari dan cara mengatasinya.

Bayangkan kamu tak bisa lagi menggunakan internet, komputer, smartphone, bahkan kendaraan motormu. Kembali ke zaman purba. Apa kamu kira-kira bisa hidup di dunia yang seperti itu?

Baca Juga: Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padam

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya