9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lain

Bernostalgia sekaligus mendapatkan pengalaman musik baru

Mereka yang berada di dunia musik pasti saat ini paham akan kehadiran vinyl record. Pemutar musik yang biasa kita kenal sebagai piringan hitam atau plat tersebut beberapa tahun terakhir ini ramai diperjualbelikan oleh para pencinta musik. Tak hanya sebagai merchandise saja, piringan hitam itu benar-benar digunakan untuk mendengarkan musik.

Jika ada yang bertanya mengapa harus mendengarkan musik lewat vinyl record, jawabannya mudah saja: karena rasa musik yang didengarkan berbeda. Namun apa yang membedakan? Berikut ini beberapa informasi yang bisa dijadikan penjelas perbedaan vinyl record dengan format musik lainnya dan mengapa kamu harus mencoba mendengarkannya.

1. Vinyl record adalah medium musik pertama yang ada di dunia

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lainbplolinenews.com

Dahulu untuk mendengarkan musik mau tak mau seseorang harus datang ke sebuah acara atau berada di tempat yang mempertontonkan live music. Seperti di bar atau konser. Namun semenjak ditemukan di akhir 1880, musik akhirnya bisa didengarkan oleh orang-orang tanpa harus datang ke acara.

Cukup dengan memutarnya di rumah, mereka sudah bisa mendengarkan musik yang bisa terbilang setara dengan yang dimainkan secara langsung. Dua tokoh yang berpengaruh dalam menghadirkan vinyl record ke dunia adalah Thomas Alfa Edison dan Emile Berliner.

2. Vinyl record yang sekarang bukanlah vinyl record yang dahulu

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lainblog.thehouseofmarley.com

Dahulu piringan hitam dinamakan phonograph record atau gramophone record dan menggunakan bahan yang berbeda dari vinyl record zaman sekarang. Jika piringan hitam zaman sekarang menggunakan bahan vinil atau semacam plastik, maka piringan hitam di zaman dahulu menggunakan bahan karet keras yang lalu digantikan dengan material lak.

3. Vinyl record punya beberapa jenis

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Laincoda-plastics.co.uk

Layaknya format digital yang beragam macam (.mp3, .wav, .aac, dan lainnnya), vinyl record pun memiliki beberapa macam. Dari ukurannya, plat memiliki tiga tipe, yaitu 12 inci (yang paling umum), 10 inci dan tujuh inci. Ukuran ini menentukan seberapa lama musik lagu yang bisa dimuat di dalamnya.  12 inci mampu memuat lagu hingga 45 menit, 10 inci 35 menit dan tujuh inci hanya berkisar 10 menit.

Ini pun masih dibedakan lagi dengan kecepatan vinyl itu sendiri. Ada dua kecepatan putaran vinyl record, yaitu 33 1/3 rpm dan 45 rpm. Hal ini turut menentukan jumlah lagu yang ada dalam suatu vinyl serta suaranya. Jika vinyl record 45 rpm dimainkan di mode 33 1/3 rpm, suaranya akan menjadi berat seperti dalam keadaan slow motion. Kebalikannya, jika vinyl 33 1/3 rpm diputar di 45 rpm, hasil suaranya akan cepat dan terkesan cepat. Di zaman dahulu malahan vinyl record berkecepatan 78 rpm.

4. Peralatan vinyl record terbilang cukup rumit jika dibandingkan dengan format lainnya

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lainvinyljunkies.co

Kamu sudah tahu seperti apa pemutar compact disc (CD) kan? Cukup dengan menggunakan komputer pun, kamu sudah bisa memutar CD. Tapi tidak demikian dengan vinyl record. Kamu memerlukan alat yang bernama turntable.

Turntable sendiri tidak mudah diatur. Ada pengaturan-pengaturan tertentu untuk menghasilkan suara yang bagus serta tidak merusak vinyl-nya. Mulai dari mengganti jarum sampai mengatur berat tonearm-nya. Belum lagi mengganti perkabelan.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Suara Musik, Inilah 10 Aplikasi Equalizer Terbaik

5. Mendengarkan vinyl record meningkatkan selera musik

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lainpunchdrink.com

Terlepas dari perdebatan suara yang lebih enak, vinyl record mampu meningkatkan selera musik seseorang. Tak sekedar mendengarkan saja, pengalaman-pengalaman seperti berburu vinyl hingga mengutak-atik turntable mampu membuatmu lebih bisa menikmati musik dari vinyl record.

Musik-musik yang selama ini kamu kira tidak enak pun ternyata bisa kamu nikmati berkat vinyl record. Belum lagi kamu bisa lebih merasakan artwork yang terdapat dalam albumnya.

6. Vinyl record bisa membuatmu bernostalgia dengan orang dari generasi terdahulu, termasuk orangtuamu

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Laindiffuser.fm

Jangan salah. Memainkan dan mendengarkan vinyl record tak hanya membuatmu bisa mengobrol dengan pencinta musik lain, tetapi juga dengan orangtuamu. Dipastikan di zaman dulu orangtuamu pasti mendengarkan vinyl record dan itu membuat mereka bernostalgia. Itu bisa menjadi jalan untukmu mengobrol dengan mereka dan kamu pun juga bisa mendapat musik-musik baru yang datang dari generasi orang tuamu.

7. Vinyl record bisa jadi investasi besar untuk beberapa tahun ke depan

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Lainloudwire.com

Vinyl record diakui sebagai salah satu medium musik paling tahan lama. Dengan perawatan yang benar, mereka bisa bertahan lebih dari 25 tahun dengan kualitas suara yang sama seperti ketika pertama kali dibuka. Hal ini menjadikan vinyl record sebagai sebuah investasi tersendiri yang bisa dijual kembali setelah beberapa tahun kemudian.

8. Vinyl record bisa lebih menegaskanmu sebagai seorang pencinta musik

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Laintotravelistolive.co

Masyarakat mengakui jika pencinta musik sejati tidak hanya sekadar mendengarkan lagu dari band kesayangannya saja, tetapi juga mau membeli merchandise-nya demi membantu keberlangsungan bandnya. Membeli vinyl record akan memberikan label itu kepadamu mengingat vinyl record cukup tergolong mahal di Indonesia dan itu berarti kamu benar-benar niat untuk terjun ke dunia musik.

9. Memiliki vinyl record bisa lebih menghias rumahmu

9 Hal yang Membuat Vinyl Record Lebih Baik dibanding Media Musik Laintotravelistolive.co

Sebagai barang hobi, vinyl record ternyata mampu memberikan suasana sendiri bagi tempat tinggalmu. Lihat saja coffee shop zaman sekarang. Coffee shop yang tergolong keren pada umumnya memasang perangkat pemutar piringan hitam di tokonya karena itu meningkatkan kesan vintage serta menegaskan selera musik pemiliknya.

Memang sebenarnya tak masuk akal mendengarkan musik lewat vinyl record di zaman sekarang mengingat layanan musik streaming beredar di mana-mana. Tapi karena hal itulah yang menjadikan vinyl record istimewa. Tak sembarang orang bisa dan mau mendengarkannya. Apakah kamu adalah salah satu orang istimewa tersebut?

Baca Juga: Lestarinya kios kaset, piringan hitam dan CD musik di bawah tanah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You