Comscore Tracker

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!

Anehnya, mereka hampir tak pernah kena penyakit

Beberapa hewan punya kebiasaan yang super kotor dan super jorok. Lucunya kebiasaan itu mereka lakukan karena alasan tertentu.

Entah itu digunakan untuk melindungi diri sendiri atau yang lain. Melansir Animal Planet dan Gizmodo, berikut ini daftar hewan yang punya kebiasaan super jorok tersebut.

1. Jerapah (Giraffa camelopardalis)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!jerapah (chantecaille.com)

Jika diperhatikan, jerapah suka meneteskan air liurnya. Air liur itu mereka gunakan untuk membantu jerapah memakan daun dan menelannya.

2. Lalat (Musca domestica)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!lalat (Pexels.com/Sergio Souza)

Tidak bisa dimungkiri untuk serangga satu ini mengingat kamu sendiri juga menghindarinya, bukan? Lalat tak hanya hinggap di makanan. Mereka juga memuntahinya dengan tujuan makanan itu menjadi substansi yang bisa mereka hisap.

3. Burung bangkai (Sarcoramphus papa)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!burung bangkai (elpocito.com)

Sesuai namanya, gaya hidup makanan dari burung ini adalah bangkai makhluk hidup. Lebih dari itu, karena burung bangkai tak punya kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuhnya, mereka mendinginkan tubuhnya dengan buang air di area kakinya.

4. Ikan hagfish (Myxini)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!ikan hagfish (sciencemag.org)

Ikan yang buta dan tak punya gigi ini suka memakan mayat dan bangkai hewan dari dalam ke luar. Tubuhnya yang berlendir juga membantu mereka melindungi diri dari serangan predator yang mau memangsanya.

Baca Juga: 10 Potret Hewan Kawin yang Jarang Diketahui, Pernah Lihat?

5. Koala (Phascolarctos cinereus)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!koala (tourism.australia.com)

Walaupun lucu, gaya hidup koala faktanya sangat kotor. Ketika masih bayi, mereka akan memakan kotoran induknya. Itu karena saat masih kecil, mereka tak punya bakteri yang mampu menangani racun dari daun eukaliptus. Satu-satunya cara mendapatkan bakteri itu adalah dari kotoran orang tuanya.

6. Kambing tahr (Capra aegagrus)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!kambing tahr (animalspot.net)

Ketika musim kawin, kambing tahr betina akan mengencingi pejantannya. Tujuannya untuk menginformasikan mereka sudah siap untuk kawin. Mengingat kambing tahr masuk dalam keluarga kambing gunung, bukan hal aneh kamu bisa kena kencingnya juga karena berada di bawah.

7. Kuda nil (Hippopotamus amphibius)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!kuda nil (Pixabay/Foto-Rabe)

Kuda nil suka menyebarkan kotorannya. Caranya adalah dengan menggerakkan ekornya seperti sapu yang melemparkan kotorannya ke mana-mana. Kotoran itu mereka gunakan sebagai penanda wilayah.

8. Kumbang kotoran (Scarabaeus viettei)

8 Hewan dengan Gaya Hidup Paling Jorok, Jangan Tiru!kumbang kotoran (pixabay.com/Topi_Pigula)

Ditemukan banyak di Afrika sana, kumbang kotoran suka mengoleksi kotoran hewan-hewan dengan cara dibuat bola. Bola kotoran itu mereka gunakan sebagai sarang kelahiran anak-anaknya.

Itulah hewan-hewan yang punya kebiasaan super jorok. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga punya kebiasaan jorok seperti mereka juga? Hati-hati. Kalau terlalu kotor, kamu bisa berpenyakit.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya