Comscore Tracker

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanya

Kayak manusia, kasih kado kalau ada maunya

Layaknya manusia, beberapa hewan juga suka memberikan kado atau hadiah kepada sesamanya. Tentu saja kado itu memiliki arti sendiri-sendiri.

Ada yang digunakan untuk menarik perhatian pasangannya, ada pula kado yang semata-mata hanya sebagai bentuk rasa terima kasih. Berikut ini adalah hewan-hewan yang suka memberikan kado tersebut.

1. Laba-laba

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyablogs.biomedcentral.com

Ada satu spesies laba-laba bernama Paratrechalea ornata. Pejantan dari spesies ini suka memberi kado untuk betinanya. Lucunya 70 persen dari kado itu adalah palsu.

2. Burung jays

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyaaudubon.org

Diperkirakan burung ini memiliki kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang (dalam kasus ini burung) yang lain. Jika betinanya sedang memakan ulat, maka pejantannya akan memberikan ngengat. Sebaliknya jika betinanya memakan ngengat, maka pejantannya bisa memberikan ulat.

3. Ngengat

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyaweeklyvillager.com

Ngengat memiliki mekanisme perlindungan menggunakan racun sianida. Ketika kawin, pejantan ngengat akan mentransfer racunnya tersebut kepada betinanya lewat sperma. Hasilnya bayi mereka akan memiliki mekanisme pertahanan yang lebih baik dan kemungkinan bertahan hidup yang lebih baik.

4. Bonobo

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyaslate.com

Para bonobo suka membagi makanannya ke sesama, bahkan jika itu adalah bonobo asing yang tidak mereka kenal. Kemampuan sosialnya yang tinggi tersebut menjadi alasan utama kenapa Bonobo suka memberi hadiah.

5. Penguin

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyaaudubon.org

Kamu pasti sering melihat gambar penguin jantan memberikan kado berupa batu kepada betinanya sebagai bentuk lamaran. Batu tersebut merupakan bentuk perlambangan, “Aku ingin membuat sarang bersamamu.”

Baca Juga: 5 Penyebab Hewan Prasejarah Memiliki Ukuran Raksasa Menurut Sains

6. Lumba-lumba

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyanews.harvard.edu

Lumba-lumba bisa memberikan kado berupa spons kepada pasangannya. Peneliti berpendapat pemilihan kado itu dikarenakan spons susah diambil karena memiliki racun. Lumba-lumba yang bisa mengambilnya dianggap sebagai lumba-lumba yang pintar.

7. Burung shrike abu-abu

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyawired.com

Menyandang sebutan burung pemotong daging karena suka memakan tikus hingga kodok, burung ini juga suka menyimpan daging-daging hasil berburunya tersebut. Ketika masuk musim kawin, pejantannya akan menunjukkan daging simpanannya tersebut untuk menarik betina. Ketika si betina memilih pejantannya tersebut, maka si betina pun bisa sepuasnya memakan daging tersebut.

8. Lalat penari

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyabugguide.net

Lalat penari ini memiliki ritual kawin memberikan kado. Kadonya tersebut berupa balon yang berisikan gelembung. Peneliti memperhatikan lalat dengan balon sedang lebih memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dalam perkawinan ketimbang lalat dengan balon besar.

9. Burung kingsfisher

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyabestfunforall.com

Burung ini biasa menelan mangsanya dari kepala dahulu untuk mempermudah penelanan. Tapi ketika musim kawin, dia akan melakukan sebaliknya: menelan kaki terlebih dahulu. Untuk menarik perhatian betinanya, si pejantan akan menunjukkan kepala ikan mangsanya yang dia telan dalam mulutnya tersebut.

10. Gagak

Surprise! Ini 10 Hewan yang Suka Memberikan Kado kepada Sesamanyaaudubon.org

Ada kisah nyata seorang gadis kecil memberikan makan kepada gagak. Setelah beberapa waktu, sang gagak akan memberikan hadiah yang berkilau kepada gadis tersebut tiap kali selesai makan. Hadiah itu bisa berupa kancing baju, anting, bohlam hingga kalung.

Gimana? Apa dalam memberi kado kamu punya maksud yang sama seperti hewan-hewan ini? Atau kadomu benar-benar tulus dari hati tanpa mengharapkan balasan?

Hmmm, agak sedikit meragukan kalau itu. Anyway, kado apa yang biasanya kamu berikan dan ke siapa kado itu diberikan? Coba dong bagi ceritamu.

Baca Juga: 5 Formasi Hewan Ini Ternyata Memiliki Arti Khusus Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya