Comscore Tracker

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Ras

Pengembangbiakkan memunculkan adanya mutasi genetik

Kalau kamu punya anjing, biasanya pasti akan ditanya, “Anjingnya tipe apa?” Itu karena orang-orang selalu memikirkan anjing yang bagus itu adalah anjing ras yang terkenal.

Faktanya jika mau ditelusuri, ternyata anjing ras itu tidak jauh lebih baik dari anjing kampung. Banyak permasalahan kesehatan yang rentan mereka hadapi, membuat pemiliknya harus selalu berhati-hati. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada anjing ras.

1. Masalah pernapasan

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rasorvis.com

Umumnya ini dirasakan oleh ras bulldog. Dengan hidungnya yang pesek dan terkesan jelek, bulldog ternyata menjadi anjing yang mudah lelah dan kehabisan napas.

2. Mudah mengalami obesitas

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rasrover.com

Anjing penggembala Jerman atau German Shepherd punya bentuk badan yang langsing. Hanya saja karena pengembang biakkannya yang terus menerus, anjing ini menjadi lebuh mudah terkena obesitas dan permasalahan pada tulang.

3. Permasalahan tulang punggung

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Raspixabay.com

Dachshund atau sering menjadi maskot hot dog ini punya permasalahan tulang punggung. Sekitar 25 persen Dachshund dipastikan bermasalah untuk urusan cakram tulang punggung.

4. Tingkat kanker yang tinggi

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Raspetcentral.chewy.com

61 persen Golden Retriever mati karena kanker yang mana kanker itu umumnya datang dari hemangiosarcoma. Selain itu anjing ras ini juga sering mendapat katarak serta penyakit jantung.

5. Pertumbuhan yang tidak bagus

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Raspixabay.com

Pernah membayangkan apa yang terjadi jika tulangmu kecil, tetapi organmu besar? Itu yang terjadi pada anjing ras Cavalier King Charles Spaniel. Tulang tengkoraknya kecil, tetapi otaknya besar dan itu menyiksa mereka. Selain itu tulangnya juga mengalami kelainan bentuk.

Baca Juga: 5 Ras Anjing yang Bisa Jadi Teman Baik Kucing Peliharaan

6. Permasalahan pada otak

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rastheguardian.com

Ada masalah kesehatan yang dinamakan necrotizing meningoencephalitis (NME). Hal ini sering didapatkan oleh anjing pug karena memang adanya masalah genetik pada tubuhnya. Gangguan ini akan mengganggu sistem sarafnya akibat peradangan yang parah.

7. Tidak mampu bernapas

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rasthedogtale.com

Yorkshire Terrier punya angka kematian yang cukup tinggi akibat tercekik alias tidak bisa bernapas. Batang tenggorokannya yang tidak normal membuat mereka terkadang mengalami kecacatan dan bahkan meninggal. Kamu bisa mengetahuinya dengan mendengar suara dengkurannya ketika mereka tidur.

8. Sering terkena jamur

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rasanimalsarea.com

Shar Pei bisa imut karena memang kulitnya yang melekuk-lekuk. Hanya saja ini membuat masalah lain. Karena kulitnya yang melekuk dan sering bergesek satu sama lain hingga menyebabkan kelembapan, Shar Pei sering mendapat masalah jamur. Belum lagi jika anjing ini terkena air dan tidak segera dikeringkan.

9. Tuli

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Rasrd.com

Kamu pasti tahu anjing Dalmation yang terkenal bukan? Faktanya anjing yang punya kulit berbentol hitam itu punya kesempatan tuli. Angkanya mencapai delapan persen untuk tuli sepenuhnya, sedangkan 22 hingga 24 persen mereka akan tuli untuk satu telinga saja.

10. Masalah pencernaan

10 Masalah Kesehatan dan Penyakit yang Sering Menyerang Anjing Raszooplus.ie

Great Danes adalah salah satu ras anjing terbesar yang pernah ada. Namun tubuhnya yang besar itu turut memberikan masalah kesehatan. Mereka sering mengalami masalah pencernaan dan satu yang fatal adalah kembung.

Apakah kamu pemilik salah satu anjing ras ini? Jika iya, benarkah penyakit-penyakit ini sering menyerang anjingmu? Sering-sering saja periksakan kesehatan anjingmu ya daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Selain Anjing, 8 Hewan Ini Bisa Dijadikan Penjaga Juga Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • SEO Intern

Berita Terkini Lainnya