Comscore Tracker

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menit

Itu pun hanya dibutuhkan dosis kecil untuk merusakmu

Di dunia ini ada yang dinamakan dengan racun atau suatu kandungan mematikan yang merusak tubuh dari dalam. Racun diciptakan secara alami oleh alam dan merupakan mekanisme perlindungan diri. Sebagai contoh adalah kamu menemui serangga atau jamur beracun. Berikut ini adalah racun-racun paling mematikan yang ada di dunia.

1. Risin

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitthedailybeast.com

Diambil dari biji tumbuhan, risin sangat mematikan. Hanya dengan dosis beberapa butir pasir saja sudah cukup membunuh orang. Pernah digunakan untuk pembunuhan Georgi Markov di 1978, tidak ada penyembuh dari racun risin walaupun seseorang bisa selamat jika hanya mendapat dosis kecil.

2. Botoks

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitvanguardskin.com

Percaya tidak percaya, botoks memiliki kandungan bernama botulinum. Racun ini bisa menyebabkan kelumpuhan organ hingga menghentikan seseorang dari bernapas. Kandungan tersebut bisa berdampak jika terdapat salah penanganan. Pikirkan lagi jika kamu ingin mendapatkan perawatan botoks.

3. Tetradotoxin

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitscitecheuropa.eu

Racun ini datang dari ikan buntal atau ikan fugu. Kemampuannya adalah mematikan sistem sarafmu di antara otak dan tubuh dengan memblokir saluran sodium. Setidaknya butuh waktu enam jam agar racun ini sepenuhnya bereaksi.

4. Batrachotoxin

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitpinterest.ca

Terdapat pada katak yang umumnya tinggal di hutan hujan, batrachotoxin memiliki efek setara dengan tetradotoxin yang menyerang sistem saraf. Hanya saja kandungan batrachotoxin berbeda-beda di tiap katak, tergantung makanannya.

5. Amatoxin

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitnaturespoisons.com

Racun ini ditemukan di jamur amanita. Tidak perlu banyak untuk membunuhmu, cukup memakan satu jamur ini saja bisa merusak ginjal dan hatimu. Kerusakannya akan membuatmu koma dan kematian. Perlu diketahui saja itu adalah perjalanan kematian yang lambat.

Baca Juga: 6 Fakta Risin, Salah Satu Racun Paling Berbahaya yang Ada di Dunia

6. Sianida

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitgulfnews.com

Sianida menekan kandungan zat besi dalam darah sehingga membuat darahmu tidak bisa mengangkut oksigen. Dosis mematikan bisa membunuh seorang dewasa dalam satu menit. Fakta unik: sianida bisa ditemukan hampir di mana saja. Di apel, ceri hingga kacang almond. Namun untuk makanan-makanan tersebut, butuh konsumsi dalam jumlah sangat besar untuk bisa berefek.

7. Gas saraf

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitbesurvival.com

Gas saraf adalah racun buatan yang mematikan. Kamu tidak perlu menghirupnya untuk merasakan efek mematikan gas ini karena gas saraf dapat terhirup lewat kulit. Dosis kecil akan membuat penghirupnya mengalami kerusakan saraf permanen.

8. Brodifacoum

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitgw.govt.nz

Kandungan racun ini bisa ditemui di racun tikus. Cara kerjanya adalah mengurangi kandungan vitamin K di darah hingga menyebabkan pendarahan dalam. Racun ini masih dapat tersebar lewat bangkai tikus dengan cara disentuh atau memakannya.

9. Strychnine

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitvwmnwitwdesign.xyz

Adalah racun alami dari alam yang didapat dari biji pohon Strychnos nux-vomica (pohon racun). Secara mudahnya, racun ini menyerang bagian otak dan membuat penerimanya kejang-kejang. Racun ini biasa terdapat di racun tikus.

10. Polonium

10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menitsaylordotorg.github.io

Ini adalah bagian dari elemen radioaktif. Dosis letal dari elemen ini diperkirakan adalah tujuh picogram. Itu cukup membunuh orang dewasa.

Itulah racun paling berbahaya yang ada di dunia saat ini. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman karena bisa jadi ada racun di dalamnya. Tapi sejahat-jahatnya racun, masih lebih jahat lagi manusia, bukan?

Baca Juga: 5 Gas Kimia Paling Berbahaya di Dunia, Dampaknya Sangat Mematikan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya