Comscore Tracker

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Es

Karena mudah meleleh, akhirnya digantikan dengan roda

Roller coaster, sebuah wahana hiburan yang sangat melatih jantung. Dikatakan melatih karena mereka yang naik roller coaster seakan-akan dipertaruhkan nyawanya dalam kecepatan tinggi. Naik, lalu menukik turun, terus dilanjutkan dengan putaran vertikal 360 derajat, siapapun pasti akan merasa tegang.

Sebagai wahana modern, ternyata roller coaster diciptakan lebih lama dari yang kamu bayangkan. Jauh sebelum abad ke-20. Berikut ini adalah sedikit sejarah dari wahana hiburan yang memacu adrenalin tersebut.

1. Ide roller coaster muncul di abad ke-15 dalam bentuk seluncur es

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Esscience.howstuffworks.com

Dikatakan oleh howstuffworks.com bahwa ide roller coaster datang dari Rusia di abad 15, 16 dan 17. Kala itu luncuran es di sana sangat populer dan dimainkan oleh banyak anak.

Mereka membuatnya menggunakan kayu atau blok es dengan pasir sebagai titik pendaratannya. Dari sini konsep awal roller coaster mulai terbentuk.

2. Es tersebut digantikan dengan roda karena mudah meleleh

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Espopularmechanics.com

Karena terkenal, wahana luncuran es ini pun dibawa ke Prancis, namun di sana terjadi masalah. Balok es luncuran tersebut terlalu cepat meleleh karena iklim Prancis yang lebih hangat ketimbang Rusia. Sebagai solusinya, orang Prancis pun mendapatkan ide untuk menggunakan lilin dan bahkan menambahkan roda untuk menggantikan es.

3. Kala itu roller coaster belum memiliki pengaman

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Esinquirer.com

Di awal-awal perkembangan, orang-orang masih tidak begitu memperhatikan masalah keselamatan penumpang roller coaster. Tidak ada catatan berapa banyak yang terluka akibat naik roller coaster pada zaman tersebut, namun ada catatan bahwa peminat roller coaster berkat korban tabrak lari mobil.

Baca Juga: Roller Coaster: Kenapa Kok Ada yang Suka Banget dan Tidak Ya?

4. Roller coaster pertama di dunia bernama Russes a Belleville

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Escoastersworld.fr

Dalam sejarah, roller coaster pertama di dunia yang pernah tercatat bernama Russes a Belleville (Pegunungan Belleville Rusia). Roller coaster ini sudah menggunakan kereta yang terpasang di lajurnya. Semenjak saat itu, roller coaster terus dikembangkan dan diperkenalkan lewat jalur yang lebih rumit dengan kelokan dan putaran.

5. Roller coaster pertama Amerika datang dari pertambangan

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Eshippostcard.com

Nama roller coaster pertama Amerika adalah Mauch Chunk Switchback Railway. Roller coaster ini dibangun di pegunungan Pennsylvania. Jalurnya merupakan bekas jalur kereta yang digunakan untuk mengirim batu bara, diubah menjadi tur wisata.

Cukup membayar lima sen, turis sudah bisa menikmati wisata melihat gunung sambil merasakan keseruan turunan landai. Hal ini terus dipertahankan hingga sekarang.

6. Akhir abad ke-19, roller coaster mulai ke masuk industri taman hiburan

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Esnycgo.com

Perusahaan troli Amerika melihat adanya pasar besar dari roller coaster hingga mereka pun mulai mendirikan taman hiburan. Yang terkenal saat itu adalah taman hiburan Coney Island. Dikatakan di taman hiburan ini terdapat jalur bernama Switchbak Railway dan begitu terkenalnya, roller coaster ini mampu meraup keuntungan hingga US$1.600 (atau sekitar Rp22 juta menggunakan kurs sekarang) dalam waktu tiga minggu.

7. Perang Dunia II sempat menyebabkan roller coaster tidak lagi beroperasi di dunia

Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Esthoughtcatalog.com

Saat Perang Dunia II, produksi roller coaster benar-benar menurun sehingga industri taman hiburan pun mati. Barulah pada 1970 dan 1980, roller coaster kembali dicanangkan di taman hiburan.

Memasuki era ini, roller coaster telah dikembangkan hingga memiliki lajur tabung baja. Ada pula lajur lengkungan pembuka botol. Semua hal tersebut terus dikembangkan hingga kita mengenal roller coaster di zaman sekarang.

Itulah sejarah munculnya roller coaster ke dunia. Memang sekarang kita sedang tidak bisa mengendarainya, karena sedang masa pandemik. Namun setidaknya, kamu sekarang sudah mengetahui sejarah awal mulanya. Sudah kangen naik roller coaster?

Baca Juga: Naik Roller Coaster Ternyata Baik untuk Kesehatanmu, Ini 7 Manfaatnya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya