Comscore Tracker

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Air

Sengatan listrik bisa membunuhmu

Kondisi banjir di Jakarta melumpuhkan banyak hal. Mulai dari transportasi hingga komunikasi, semuanya terganggu. Dari segala masalah, ada satu kondisi bahaya yang patut diwaspadai dari kondisi banjir ini, yaitu sengatan listrik.

Mothersip.sg sempat melaporkan adanya korban meninggal dari sengatan listrik di Meksiko akibat menyentuh tiang listrik kala banjir. Banjir di Jakarta juga baru menelan korban akibat sengatan listrik saat banjir. Melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan demi menghindari kondisi berbahaya tersebut.

1. Menghindari area sumber listrik

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airtimbeter.com

Itu bisa tiang listrik atau gardu dan lainnya. Jika ingin berteduh, berteduhlah ke tempat yang sekiranya tidak ada listrik yang mengalir.

2. Gunakan sepatu boots

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airchesapeakemermaid.com

Sepatu boots kedap air akan sangat membantu menghindari sengatan listrik mengingat alas kaki tersebut melindungi sepenuhnya dari aliran listrik. Tak hanya terhindar dari listrik, kamu juga bisa terhindar dari paku dan barang-barang berbahaya lainnya.

3. Gunakan sarung tangan karet

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airthriftyfun.com

Jika tubuhmu dalam kondisi basah, ada baiknya mengenakan sarung tangan karet ketika memegang benda apapun. Sarung tangan karet akan menghalangi hantaran listrik menuju tangan.

Baca Juga: Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Ini

4. Matikan listrik

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airposibl.com

Bagi mereka yang masih di dalam rumah, matikan seluruh listrik yang mengalir. Selain tidak berfungsi, mematikan listrik membuatmu menjauhi bahaya terkena sengatan. Jangan lupa pula mencabut stop kontak peralatan listrik yang masih menancap.

5. Perhatikan alat elektronikmu yang terkena air

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airconsumerreports.org

Dengan banjir besar, dipastikan ada banyak peralatan elektronikmu yang terkena air banjir. Kondisi itu perlu diingat karena dapat berbahaya jika kamu menyambungkannya dengan listrik. Ada baiknya menjauhkan alat elektronik yang sudah terendam air atau benar-benar memastikan jika alat tersebut baik-baik saja.

6. Hubungi pihak berwenang

Banjir Jakarta, Ini 6 Tip Menghindari Sengatan Listrik dalam Airpln.co.id

Jika ingin kembali ke rumah yang terkena banjir, baiknya membawa pihak berwenang yang paham akan kelistrikan, seperti anggota PLN atau pemadam kebakaran. Itu untuk memastikan keamanan kondisi sekitar dari bahaya aliran listrik dan menjagamu dari kondisi terparah.

Perhatikan baik-baik kondisi sekitarmu. Jangan lengah dan jangan kecolongan ada aliran listrik di dekatmu. Ingat, air adalah medium terbaik menghantarkan listrik. Kamu bisa tersengat tanpa pernah melihat aliran listrik tersebut. 

Baca Juga: Dengan Mencontoh Bangkok, Sebenarnya Jakarta Bisa Bebas dari Banjir! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya