Comscore Tracker

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamute

Mereka berdua punya perbedaan yang cukup signifikan lho

Anjing memiliki banyak ras yang hampir tidak terhitung lagi. Hasil perkawinan antara jenis satu dengan yang lainnya membuat semakin banyak hasil yang tercipta. Siberian Husky dan Alaskan Malamute adalah dua dari sekian banyak anjing peliharaan yang populer. Mereka memiliki warna tubuh hitam putih dan sekilas terlihat sama.

Padahal kedua anjing ini punya banyak perbedaan. Biar kamu gak salah pilih hewan peliharaan, simak ulasan lengkap tentang perbedaan Siberian Husky dan Alaskan Malamute di bawah ini ya. 

1. Ukuran tubuh Alaskan Malamute lebih besar dari Siberian Husky

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamuteinstagram.com/ukioq.paws

Alaskan Malamute termasuk jenis anjing bertulang besar sehingga bisa tumbuh hingga mencapai bobot 75 kg. Berbeda dengan Siberian Husky yang bertulang kecil dan hanya mampu mencapai berat maksimal sekitar 25-40 kg. 

2. Siberian Husky terkenal dengan mata biru yang cantik

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamuteinstagram.com/huskyw0rld

Siberian Husky memiliki warna bola mata yang menjadi salah satu pesona yang memikat. Warna bola mata yang paling khas adalah biru toska dan hijau. Husky juga bisa memiliki warna bola mata yang terdiri dari dua warna. Alaskan Malamute tidak memiliki keistimewaan ini karena hal tersebut hanya bisa terjadi pada Siberian Husky yang memiliki gen khusus untuk warna bola matanya yang unik.

3. Harga yang lebih mahal antara Alaskan Malamute dan Siber

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamuteinstagram.com/malamutepacklife_miwok

Untuk menjadikan salah satu dari anjing gagah tadi sebagai hewan peliharaan, kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam bila berminat membeli seekor anakan Alaskan Malamute. Alaskan Malamute dijual mulai dari 1,000-1,500 dolar AS per ekornya. Sedangkan untuk setiap ekor anak Siberian Husky sendiri dibanderol mulai dari 400-1,000 dolar AS.

Baca Juga: 6 Fakta Menakjubkan English Mastiff, Anjing Terbesar di Dunia

4. Umur Siberian Husky lebih lama dibanding Alaskan Malamute

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamuteinstagram.com/themalamutepack

Meskipun punya harga yang lebih murah dari Alaskan Malamute tapi Siberian Husky bertahan hidup lebih lama. Anjing yang terkenal atas kepintaran dan kekuatan energinya ini hidup antara 10-14 tahun. Sedangkan Alaskan Malamute yang fluffy dan bertubuh tambun hanya bisa bertahan dikisaran usia 10-12 tahun.

5. Perbedaan sifat Alaskan Malamute dan Siberian Husky

Sekilas Mirip, Ini 5 Perbedaan Siberian Husky & Alaskan Malamuteinstagram.com/mally_denali

Keduanya termasuk anjing yang ceria, aktif dan suka bermain namun Alaskan Malamut lebih senang berinteraksi dengan manusia dibanding Siberian Husky yang lebih senang mandiri. Alaskan Malamute bisa berubah menjadi sangat agresif saat berhadapan dengan anjing lain yang satu gender dengannya. Namun Husky cenderung akrab dan mau berteman pada semua gender dan jenis anjing. 

Nah, itu tadi beberapa perbedaan yang bisa kita ketahui dari kedua anjing berwajah mirip ini. Kalau kamu lebih suka Alaskan Malamute atau Siberian Husky guys?

Baca Juga: 8 Penyakit Mematikan pada Anjing, bahkan Ada yang Gak Bisa Disembuhkan

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You