Comscore Tracker

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!

Bentuknya mirip perpaduan tikus dan kelinci

Sebagian orang pasti akan merasa geli ketika melihat tikus berkeliaran. Tubuhnya yang bewarna hitam dan aroma busuk membuat tikus jadi hama yang menyebalkan. Tetapi ada hal berbeda saat kamu melihat jenis tikus yang bernama Chinchilla.

Tikus ini punya penampilan yang imut dan menggemaskan banget. Berikut beberapa fakta menarik Chinchilla, si tikus mini yang siap bikin kamu jatuh cinta!

1. Habitat asli Chinchilla

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!marylandzoo.com

Habitat asli Chinchilla berada di sepanjang Pegunungan Andes di Amerika Selatan yang meliputi negara Peru, Bolivia, Chile dan Ekuador. Mereka hidup di antara celah-celah bebatuan besar guna beristirahat sekaligus berlindung dari serangan predator seperti burung besar dan singa gunung.

2. Jenis-jenis Chinc

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!petcomments.com

Chinchilla terbagi menjadi dua jenis, yaitu Chinchilla berekor pendek dan Chinchilla berekor panjang. Seekor Chinchilla dewasa umumnya memiliki panjang tubuh sekitar 23-38 cm dan untuk jenis ekor panjang ukuran ekornya bisa menyentuh angka 20 cm. Berbeda dengan Chinchilla ekor pendek yang hanya berukuran sekitar 8-10 cm.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kapibara, Pengerat Terbesar yang Cakap Berenang 

3. Makanan yang dikonsumsi Chinchilla

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!rdadventures.com

Sama dari tikus tanah yang bisa memakan segala jenis makanan, Chinchilla hidup sebagai hewan omnivora. Mereka menyukai sayur, buah-buahan dan terkadang memakan serangga dan daging lainnya. Chinchilla bisa diet hingga bobot tubuhnya menyentuh angka 1 kg. Bulu pendek nan lebat Chinchilla bisa mengembang dan membuat tubuh Chinchilla terlihat sangat gembul.

4. Status populasi Chinchilla

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!chinchilla.co

Keindahan bulu Chinchilla menyebabkan mereka dikembangbiakkan hanya untuk diambil bulunya saja. Melihat hal itu Convention on International Trade telah membatasi perdangan Chinchilla sejak tahun 1975.

Di sisi lain International Union for Conservation of Nature and Natural Resource sudah menyatakan bahwa kedua jenis Chinchilla berada dalam populasi hewan yang terancam punah. Diperkirakan di habitat aslinya Peru dan Bolivia Chinchilla sudah punah, namun ia masih diprediksi masih berkembang di daerah lainnya.

5. Perbedaan Chinchilla jantan dan betima

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!squeaksandnibbles.com

Chinchilla betina lebih agresif dibanding Chinchilla jantan. Dari bentuk fisik, terdapat kantung rahim pada Chinchilla betina, sedangkan Chinchilla jantan memiliki kantung penis. Para betina akan mengandung anak Chinchilla selama 111 hari dan dapat melahirkan dapat hingga 6 anak sekaligus.

6. Tempat favorit bagi chin

Kenalan dengan Chinchilla, Tikus Mini yang Sukes Bikin Gemas!artfido.com

Hewan lucu ini merupakan kerabat dekat landak dan marmut. Namun Chinchilla juga sekilas mirip kelinci karena sama-sama memiliki kaki depan yang pendek dan kaki belakang yang berotot, perbedaan signifikannya terlihat pada bagian telinga Chinchilla yang lebih pendek dan bulat. Hewan ini menyukai hidup di lingkungan dingin dan tidak cocok hidup diantara suhu yang panas, Chinchilla yang hidup di atas suhu 27 C mudah mengalami heat stroke. 

Itu dia sekilas informasi tentang tikus mini Chinchilla, kalau menurut kalian Chinchilla lebih lucu dari kelinci atau hamster gak nih?

Baca Juga: Hewan Langka yang Disebut "Kelinci Ajaib" Akhirnya Ditemukan Lagi Pertama Kalinya

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You