Comscore Tracker

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelap

Kamu anggota keluarga Cullen atau Dementor?

Kamu pasti punya banyak teman yang memiliki rasa takut akan kegelapan, atau justru kamu sendirilah yang takut dengan gelap. Pasalnya, kegelapan identik dengan suasana yang mencekam, sepi, hingga momen paling tepat bagi hantu untuk menampakkan dirinya sekalipun. Praktis, hal-hal tersebut membuat banyak orang memiliki ketakutan dengan kegelapan.

Namun, berbanding terbalik dengan orang yang takut gelap, fobia yang satu ini justru membuat orang takut pada cahaya. Ya, fobia ini dinamakan heliophobia, yaitu sebuah kondisi di mana kamu memiliki rasa takut terhadap matahari atau cahaya yang terang.

Mau tahu informasi lengkap dari heliophobia? Baca sampai habis ya, siapa tahu kamu salah satu yang mengidap fobia ini.

1. Takut kena kanker kulit hingga dilanda kerutan

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelapverywellmind.com

Healthline melaporkan kalau ada beberapa penyebab utama dari heliophobia. Yang pertama, sudah tidak bisa dimungkiri lagi bahwa sinar matahari memang bisa membuat siapapun terkena kanker kulit. Dengan demikian, sebagian orang memiliki kecemasan yang mendalam sehingga takut sinar matahari bisa membuatnya terkena kanker.

Kemudian, penyebab lainnya yaitu masih soal kulit juga. Banyak orang yang takut kulit mereka jadi berkerut karena terlalu sering terpapar sinar matahari sehingga dari situ muncullah heliophobia.

2. Langsung panik kalau kena sinar berlebih

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelapmnn.com

Pada dasarnya, orang-orang yang mengidap heliophobia akan mendapati rasa takut atau cemas ketika terkena sinar matahari dan cahaya berlebih. Akan tetapi, terkadang fobia ini bisa menimbulkan reaksi yang lebih parah dari itu, yakni serangan panik. Mereka akan panik untuk langsung menghindari sinar tersebut.

3. Cara mengakali heliophobia

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelaphealthline.com

Berhubung kebanyakan aktivitas seperti bekerja, sekolah, dan kuliah dilaksanakan di saat matahari terbit, maka orang-orang yang memiliki heliophobia terpaksa menjalani aktivitasnya di waktu tersebut pula. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa membuat fobia kamu itu reda.

Contohnya adalah dengan menggunakan pakaian serba panjang, lalu juga menggunakan sunscreen atau tabir surya, dan melindungi mata dengan kacamata gelap. Walau begitu, ada beberapa orang yang memilih menghindari sinar matahari sama sekali layaknya vampir.

Baca Juga: Ketakutan Menghadapi Pria? Ini Fakta Ilmiah di Balik Androfobia

4. Dampak yang terjadi ketika terkena cahaya

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelapobservatoriodaimprensa.net

Karena kamu mengidap heliophobia, maka ada beberapa dampak yang terjadi ketika kamu terkena sinar. Di antaranya adalah seperti jantung berdetak kencang, sesak napas, telapak tangan berkeringat, merasa sangat kepanasan, gemetar, mual, serta tekanan darah meningkat.

5. Heliophobia bisa kamu dapat karena faktor keturunan

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelaphuffingtonpost.com

Bahkan, sejak kamu kecil pun, heliophobia bisa saja sudah kamu dapatkan. Adapun penyebabnya seperti orangtua kamu yang sudah terlebih dahulu kena heliophobia sehingga meneruskan ketakutan terhadap sinar kepada kamu.

Tidak hanya itu, heliophobia juga bisa datang karena trauma. Misalnya, ketika kecil kamu pernah terkena sengatan matahari yang sangat parah, jadinya ketika sudah dewasa kamu akan terus takut dengan sinar. Lebih-lebih, sekadar membaca berita yang mengabarkan tentang efek buruk sinar matahari saja bisa jadi penyebab heliophobia.

6. Cara mengobati heliophobia

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelapladyclever.com

Mengutip dari Very Well Mind, cara mengobati heliophobia yang paling efektif adalah dengan mendatangi terapis. Bukan tanpa sebab, heliophobia memang sebagian besarnya merupakan tentang kecemasan kamu. Oleh karena itu, mungkin saja terapis kamu akan memberikan perawatan dengan metode perilaku-kognitif, hipnoterapi, atau teknik lainnya.

7. Bisa membatasi kesuksesan

7 Fakta Heliophobia, Lebih Takut Cahaya daripada Gelaprebelcircus.com

Saking parahnya, kesuksesan orang yang punya fobia ini jadi terbatas. Bagaimana tidak, dengan memiliki heliophobia maka kamu perlu mencari pekerjaan yang hanya dilakukan di malam hari. Kemudian, khusus anak-anak yang masih sekolah, dia akan kesulitan untuk sekolah karena aktivitas belajar mengajar selalu dilaksanakan pada siang hari.

Alhasil, anak tersebut akan kesulitan dalam menimba ilmu. Terlebih, mereka juga jadi tidak punya menit bermain yang banyak dengan kawan-kawan sebayanya. Dengan begitu, bisa saja hidup mereka hancur karena dikucilkan oleh teman-temannya dan menjadi depresi.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar heliophobia. Kalau kamu punya teman yang takut dengan cahaya, didukung ya jangan dikucilkan.

Baca Juga: Ginofobia: Rasa Takut Berlebihan kepada Perempuan, Ini Fakta Ilmiahnya

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya