Comscore Tracker

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknya

Malah ada yang mirip banget sama ayam

Setiap makhluk hidup tidak pernah bisa memilih mau diciptakan menjadi seperti apa. Termasuk hewan seperti burung, mereka juga hadir ke dunia ini dengan berbagai rupa dan bentuk. Saking beragamnya, beberapa di antara mereka sampai ada yang memiliki penampilan sangat unik nan aneh.

Karena keunikan mereka tersebut, kamu pasti bakal sempat menyangka kalau mereka ini bukan burung. Baca sampai habis, kalau mau mengetahui burung-burung paling aneh yang pernah hadir di dunia ini.

1. Andean Cock Of The Rock

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyaanimalia-life.club

Mengutip Neotropical Birds, burung Andean Cock Of The Rock adalah burung nasional kepunyaan negara Peru. Mereka biasa ditemui di area tropis seperti hutan hujan di mana mereka biasa membuat sangkarnya. Dengan perawakannya yang aneh ini, Andean Cock Of The Rock sangat mudah ditemukan.

Bagaimana tidak, lihat saja tampangnya, sangat mirip ayam bukan? Apalagi warna kepalanya yang oranye itu, sangat cerah sehingga di daerah tertentu burung ini sangat mencolok untuk langsung terlihat.

2. Magnificent Frigatebird

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyaaudubon.org

Burung yang satu ini cukup aneh karena memiliki paruh dan kantung gular yang sangat besar. Lihat saja kalau sedang terbang, burung frigat ini seolah-seolah sedang membawa sesuatu yang sangat berat berwarna merah, padahal itu adalah bagian dari tubuh mereka.

Meskipun memiliki penampilan yang luar biasa nan unik, namun perilakunya tidak sebanding dengan itu, demikian dilansir dari Popular Mechanics. Kamu akan sering menemukan mereka membuat burung lain memuntahkan makanannya, sehingga burung ini bisa mengambilnya untuk dimakan.

3. Shoebill Stork

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyauganda365.com

Burung aneh ini bernama Shoebill Stork. Coba kamu perhatikan paruhnya, nampak seperti sepatu yang terbuat dari kayu kan? Hebatnya, paruh dari burung ini memiliki otot dan rahang yang kuat sehingga sangat tangguh.

Berhubung burung ini memiliki rahang yang tangguh, maka ia cukup tangguh pula untuk memakan mangsa-mangsanya. Lihat saja, Shoebill Stork umumnya memakan reptil, ikan, hingga burung-burung yang lebih kecil sekalipun.

Baca Juga: Ini 8 Spesies Burung Paling Cerdas dan Cerdik di Dunia, Apa Buktinya?

4. Ribbon Tailed Astrapia

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyaalk3r.wordpress.com

Jika kamu menemukan seekor burung dengan buntut yang sangat panjang, selamat, kamu telah menemukan burung Ribbon Tailed Astrapia. Karena buntutnya yang sangat panjang ini, maka burung Ribbon Tailed Astrapia, khusus yang jantan, menjadi salah satu burung teraneh yang pernah ada.

Akan tetapi, kehadiran buntut ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, buntut panjang ini digunakan Ribbon Tailed Astrapia jantan untuk memikat hati burung betina. Lucunya, mereka seringkali tersangkut ekornya sendiri loh.

5. California Condor

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyakalw.org

Sempat pernah punah, burung California Condor hadir kembali berkat usaha konservasi yang ekstensif. Burung ini menjadi unik dikarenakan kepalanya yang tidak dilengkapi bulu, padahal keseluruhan tubuhnya tertutupi oleh bulu berwarna hitam. 

Tidak hanya itu, dia juga bisa mengubah warna kulit kepalanya menjadi warna lain. Ini merupakan salah satu bentuk respons burung California Condor terhadap lingkungan yang sedang ia tempati.

6. Tawny Frogmouth

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyabirdz-world.com

Mulutnya sangat besar ya? Ya, burung Tawny Frogmouth diciptakan dengan mulut seperti itu karena burung ini termasuk ke dalam klasifikasi karnivora. Seperti tikus dan kadal, itu adalah 2 hewan utama yang menjadi sasaran empuknya.

Adapun strategi lainnya adalah dengan membuka mulutnya dan membiarkan serangga yang mendatangi burung ini. Biasanya, kamu bisa menemukan burung ini dengan mudah di Australia. Mereka biasa hidup di pohon-pohon lokal.

7. Hoatzin

7 Penampakan Burung Paling Aneh, Ada-ada Aja Bentuknyashoeuntied.com

Layaknya anak punk, burung Hoatzin juga tidak mau kalah soal rambut mohawknya. Suaranya pun cukup berat, seperti suara burung gagak yang kedinginan. Britannica pun melaporkan kalau burung aneh yang terakhir ini masuk ke dalam kelompok herbivora karena kebiasannya yang suka makan daun.

Nah, itu dia beberapa burung aneh beserta penampakannya yang hadir ke dunia ini. Kamu pernah ketemu salah satunya?

Baca Juga: Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya