Comscore Tracker

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!

Tinggi pohon itu 88 meter, kebayang kan tingginya seberapa?

Baru-baru ini, pohon tertinggi di hutan Amazon telah ditemukan. Pasalnya, penemuan tersebut merupakan hasil dari ekspedisi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di hutan terluas dunia itu. Lebih-lebih, usia dari pohon ini ditaksir mencapai lebih dari 400 tahun.

Tentu bukan hal yang mudah untuk menemukan pohon ini. Dengan luas 5,5 juta kilometer persegi, para ilmuwan menyisir hutan Amazon yang sangat luas itu dan menemukan banyak pohon sebelum bisa menyatakan bahwa mereka menemukan pohon tertinggi di hutan Amazon. Mau tahu seperti apa pohonnya? Simak temuannya di sini.

1. Memiliki tinggi 88 meter

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!everystockphoto.com

Dilaporkan oleh Daily Mail, setelah diukur oleh para peneliti, rupanya pohon tersebut memiliki tinggi 290,3 kaki atau sekitar 88 meter. Untuk menemukannya, dibutuhkan waktu 11 hari ekspedisi di hutan yang mayoritasnya berlokasi di Brasil ini. Adapun para peneliti yang tergabung ke dalam ekspedisi tersebut berasal dari Brasil dan Inggris.

2. Tinggi pohon tertinggi Amazon sebelumnya 'hanya' 60 meter

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!firstpost.com

Seorang peneliti tanaman asal Cambridge University, Toby Jackson menyatakan kalau pohon tertinggi di hutan Amazon 20 meter lebih tinggi dari pohon tertinggi di Amazon sebelumnya. Hal tersebut Jackson ungkapkan lantaran pohon tertinggi di hutan Amazon sebelumnya hanya memiliki tinggi 197 kaki atau sekitar 60 meter.

3. Berada di daerah terpencil

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!inhabitat.com

Meskipun pohon ini sangat tinggi, namun nyatanya sangat sulit untuk menemukannya. Bagaimana tidak, ternyata pohon tertinggi Amazon tersebut ditemukan di daerah terpencil dari Brasil Utara. Maka dari itu letak pohon ini sangat jauh dari aktivitas manusia sehingga tidak pernah ada yang ngeh sebelumnya.

Baca Juga: Hari Menanam Pohon, Ini Alasan Kamboja Selalu Ada di Kuburan Indonesia

4. Hampir mencapai tinggi dari Patung Liberty, tapi kalah jauh dari Monas

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!fullhdpictures.net

Dengan tingginya yang mencapai 88 meter, maka pohon ini terbilang tinggi, meskipun masih kalah jauh dari pohon tertinggi di dunia yang memiliki tinggi 115 meter. Namun, ternyata pohon ini sudah hampir setara dengan tinggi dari Patung Liberty, yakni hanya terpaut 4 meter dari monumen yang memiliki tinggi 92 meter tersebut.

Bagaimana dengan monumen kebanggaan kita, yaitu Monumen Nasional (Monas)? Tenang saja, monumen kita tidak kalah kok. Sebab, tinggi dari Monas saja menyentuh angka 132 meter. Jadi, jangan takut tinggi Monas bakal terbalap oleh pohon tertinggi di Amazon ya.

5. Bagian dari spesies Dinizia excelsa

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!kew.org

Rupanya, pohon pemecah rekor ini termasuk ke dalam spesies pohon Dinizia excelsa. Pohon ini merupakan tanaman asli dari Brasil. Menariknya, pohon yang termasuk ke dalam klasifikasi ini tidak pernah tergenang banjir dan kayunya memiliki harga yang sangat mahal.

Tidak hanya itu, Jackson juga menambahkan kalau spesies pohon ini bisa tumbuh dengan cepat. Maka dari itu tidak heran kalau pohon Dinizia excelsa memiliki ukuran yang tinggi.

6. Bisa menampung karbon berton-ton

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!everystockphoto.com

Seperti kita tahu, pepohonan memang berperan penting dalam mengurangi perubahan iklim dengan mengambil karbon dari atmosfer dan menyimpannya. Hebatnya, spesies dari pohon tertinggi Amazon ini bisa menyimpan hingga 40 ton karbon. Itu artinya satu pohon Dinizia excelsa setara dengan 300 sampai 500 pohon kecil!

7. Awalnya dikira kesalahan sensor

Menakjubkan, Pohon Tertinggi di Hutan Amazon Telah Ditemukan!cnn.com

Menurut Smithsonian Magazine, pada awal ketika meneliti pohon tertinggi di Amazon, mereka menggunakan sensor. Namun, tiba-tiba ada yang terdeteksi di ketinggian yang sangat tinggi. Awalnya para peneliti mengira bahwa itu adalah burung yang terbang, menara, atau kesalahan sensor.

Kendati begitu, para peneliti mencoba melihat data lebih hati-hati dan mendapati bahwa itu bukanlah kesalahan sensor. Akhirnya, mereka menemukan pohon pemecah rekor berspesies Dinizia excelsa itu.

Nah, itu dia beberapa temuan seputar pohon tertinggi di hutan Amazon. Di daerah tempat tinggal kamu ada yang lebih tinggi dari pohon ini gak?

Baca Juga: 6 Fakta Unik Pohon Eukaliptus, Tumbuh Supercepat dan Kaya Manfaat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya