Comscore Tracker

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!

Pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya...

"Hahaha. Aku akan merebut resep krabby patty!" — Bukan Plankton yang ini ya!

Ketika mendengar nama 'plankton', mungkin yang pertama kali muncul di benakmu adalah tokoh Plankton yang ada di SpongeBob. Hal ini wajar mengingat hanya sedikit orang di dunia ini yang pernah melihat plankton di dunia nyata. Plankton merupakan organisme mikroskopis yang hanya bisa dilihat melalui bantuan mikroskop.

Meskipun ukurannya sangat kecil, tapi mereka memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan ini. Kalau sampai plankton menghilang dari lautan, mungkin dunia ini akan berada dalam kekacauan besar. Berikut beberapa hal yang akan terjadi kalau plankton lenyap dari bumi, ngeri banget!

1. Berpotensi lenyap akibat suhu laut

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!aquariumfiltersetup.com

Melansir INSH, apabila plankton yang ukurannya lebih kecil dari diameter rambut manusia menghilang, maka lautan, planet, dan spesies kita akan berada dalam bahaya serius. Apalagi saat ini suhu laut global terus meningkat, bisa saja plankton lenyap lebih cepat daripada yang kita duga.

Plankton sendiri sudah mulai berkurang sejak tahun 1950. Sejak itu, menurut NASA jumlah plankton terus berkurang sebanyak 1 persen tiap tahunnya.

2. Penghasil oksigen

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!theguardian.com

Sebagaimana dikutip dari Goes Foundation, jumlah plankton sangat banyak, mereka berjumlah triliunan dan tersebar di seluruh lautan. Dengan jumlahnya yang mencapai triliunan itu, rupanya plankton adalah penjaga iklim bumi yang sebenarnya. 

Selama ini kita hanya tahu kalau pohon serta tanaman lah yang menciptakan oksigen. Padahal kenyataannya seluruh makhluk hidup di bumi bergantung pada plankton. Mereka menghasilkan 70 persen oksigen yang kita hirup.

3. Bisa menghilang mendadak

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!missionofmermaids.com

Plankton di seluruh dunia bisa saja lenyap secara tiba-tiba tanpa manusia menyadarinya. Kita semua tetap melanjutkan kehidupan sehari-hari kita seperti bekerja, makan makanan enak, dan menghirup udara segar tanpa tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tapi itu tidak akan bertahan lama, reaksi berantai akibat menghilangnya plankton dari dunia bakal langsung terjadi tidak lama kemudian.

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Terjadi jika Tidak Ada Lagi Ruang untuk Kuburan!

4. Ikan kecil cepat mati

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!industryweek.com

Plankton berperan sebagai makanan untuk ikan kecil di laut. Pasalnya, hampir semua predator kecil di laut menjadikan plankton sebagai sumber makanan utama. Jadi, jika plankton menghilang dari lautan, maka ikan kecil akan menyusul tidak lama kemudian karena sudah tidak punya sesuatu untuk dimakan.

5. Predator yang lebih besar turut lenyap

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!newsdaylighter.com

Setelah semua predator kecil hilang, tidak ada yang bisa dimakan makhluk besar di lautan. Praktis, hewan seperti lumba-lumba, hiu, dan paus akan segera binasa juga. Reaksi berantai yang menghancurkan ini akan dengan cepat memperluas jangkauannya keluar dari lautan.

Mulai dari burung-burung laut, anjing laut, dan beruang kutub semua akan mendapati diri mereka mati kelaparan. Apakah reaksi berantai berhenti sampai situ? Oh tentu tidak.

6. 70 persen manusia mengandalkan ikan

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!wbkr.com

Setelah menghilangnya plankton menimbulkan masalah pada predator kecil dan besar di lautan, masalah mulai muncul di sekitar manusia. Bagaimana tidak, ikan-ikan sudah tidak bisa ditemukan di laut. Sementara itu, 70 persen populasi manusia hidup dekat dari garis pantai, dan mereka mengandalkan sekitar 80 juta ton ikan per tahun.

Tentu ini merupakan masalah karena bisa berdampak pada sumber makanan dan perekonomian. Bisa-bisa mayoritas manusia tewas karena kekurangan ikan yang menjadi mata pencaharian utama mereka.

7. Tidak ada lagi yang menyerap karbon dioksida

Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!euronews.com

Buat kamu yang merasa tidak mengandalkan ikan dalam kehidupan sehari-hari, bukan berarti kamu tidak terdampak dari hilangnya plankton. Plankton memiliki peran yang sangat penting atas udara yang kamu hirup sehari-hari. Mereka menghasilkan setengah dari oksigen dunia melalui fotosintesis, dan mereka menyerap karbon dioksida dari atmosfer kita untuk dibawa ke bawah laut.

Jika semua plankton menghilang, itu akan meningkatkan kadar karbon di udara kita, yang tidak hanya akan mempercepat perubahan iklim, tetapi juga membuatnya sulit bagi manusia untuk bernapas.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi kalau sampai plankton punah dari dunia. Benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa ya!

Baca Juga: 9 Hal yang Akan Terjadi di Bumi jika Bulan Tak Ada Lagi

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya