Comscore Tracker

Sudah Diumumkan, Ini Dia Pemenang Nobel Kimia dan Sastra 2017

Wow, ada yang menemukan mikroskop krio-elektron!

Pengumuman Nobel 2017 menjadi sesuatu yang ditunggu banyak orang. Banyak orang berpikir siapa yang bejasa dalam penemuan hebat tiap tahunnya. Pengumuman nobel 2017 sendiri sudah mengumumkan pemenang nobel dalam bidang Fisika dan Fisiologi atau Kedokteran.

Pemenang nobel dalam bidang fisika diraih oleh Reiner Weiss, Barry C. Barish, dan Kip S. Thorne. Mereka telah bejasa dalam menemukan mendeteksi gelombang gravitasi. Pemenang nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran diraih oleh  Jeffrey C. Hall, Michael Rosbash and Michael W. Young. Mereka telah bejasa dalam menemukan mekanisme molekular ritme circadian.

Setelah pengumuman pemenang nobel dalam bidang idang Fisika dan fisiologi atau kedokteran. Nobel Prize 2017 kembali mengumumkan pemenang nobel dalam bidang kimia dan sastra. Berikut adalah penjelasan mengenai profil dan apa karyanya pemenang nobel dalam bidang kimia dan sastra.

1. Penemuan hebat menjadikan tiga ilmuan ini menjadi pemenang Nobel Kimia 2017.

Sudah Diumumkan, Ini Dia Pemenang Nobel Kimia dan Sastra 2017@NobelPrize

Peraih Nobel bidang Kimia pada tahun 2017 diraih oleh Jacques Dubochet dari Universitas Lausanne, Joachim Frank dari Universitas Columbia, dan Richard Henderson dari Universitas Cambridge. Hasil penemuan mereka berupa mikroskop krio-elektron. 

Mikroskop krio-elektron tersebut berfungsi membekukan biomolekul sehingga bentuk asli dapat dipertahankan. Bahkan dengan penemuan tersebut akan membawa biokimia ke era baru. Dengan adanya mikroskop krio-elektron maka peneliti akan sangat terbantu dalam membekukan biomolekul di tengah pergerakan dan memvisualisasikan proses yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat. 

Biar lebih jelas, begini ilustrasi mikroskop krio-elektron.

Sudah Diumumkan, Ini Dia Pemenang Nobel Kimia dan Sastra 2017@NobelPrize

2. Peraih Nobel sastra ternyata orang inggris kelahiran Jepang.

Sudah Diumumkan, Ini Dia Pemenang Nobel Kimia dan Sastra 2017@NobelPrize

Peraih Nobel bidang Sastra pada tahun 2017 diraih oleh penulis Inggris berdarah Jepang, Kazuo Ishiguro. Meski kelahiran Jepang, keluarga Kazuo Ishiguro pindah ke Inggris saat dia berusia lima tahun. Novel terbaiknya berjudul Never Let Me Go yang masuk daftar 100 novel berbahasa Inggris terbaik. 

Total karyanya sudah delapan buku dan sebagian besar diadaptasi film dan seri televisi. Tema-tema dalam karyanya yang paling banyak adalah tentang kenangan, waktu, dan khayalan diri.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya